Ujian Tengah MP E60-E61-E62-E63-EK23

Ujian Esay UTT MP Studi Kasus Video Motivasi dan Iklan Produk Halal EK23

EK23

Sebuah perusahaan produk-produk halal  akan membuat sebuah iklan televisi mengenai produknya tersebut. Sebagai ahli pemasaran, anda diminta oleh perusahaan tersebut untuk membuat iklan televisi tersebut. Perusahaan meminta anda menggunakan teori motivasi konsumen dalam membuat iklan tersebut. Sebelum membuat iklan tersebut, anda diminta memahami teori motivasi konsumen terlebih dahulu, anda diminta menonton video motivasi konsumen dengan mengclick link berikut:

https://youtu.be/V3XCnkUtJFg

 

Sebelum menonton video tersebut, mohon mengclick menu subscribe yang terletak dibawah kiri video. Dengan mengclick subscribe artinya anda menjadi teman saya di Youtube yang telah menonton video yang telah saya buat.  Jika anda bertemann di Youtube, maka secara otomatis Youtube akan memberi tahu anda jika ada video lain yang saya buat dan di upload di Youtube.

 

Perusahaan meminta anda agar berhati-hati dalam membuat pesan atau menulis klaim produk dalam iklan tersebut sehingga tidak dianggap sebagai informasi atau klaim yang mengelabui. Setelah anda menonton video motivasi, anda diminta untuk mengamati dan menonton video iklan-iklan produk halal yang beredar di youtube.com

Anda diminta terlebih dahulu menonton sebuah iklan produk halal dan diminta memberikan penilaian berdasarkan teori motivasi konsumen yang telah anda tonton tersebut. Jika anda mampu memberikan penilaian terhadap pesan atau klaim iklan tersebut, maka perusahaan menganggap anda telah memahami konsep iklan yang dibuat dengan pendekatan teori perilaku konsumen. Silahkan perhatikan nama anda untuk pada Tabel EK23 di bawah ini, kemudian perhatikan kolom nama produk, silahkan download sebuah iklan di youtube yang menayangkan produk halal tersebut. Setiap mahasiswa akan diminta mendownload iklan produk yang berbeda sesuai nama produk yang tercantum pada kolom nama produk pada Tabel dibawah ini.

Setelah menonton video motivasi dan video iklan tersebut, maka Tuliskan point atau pokok pikiran dari video motivasi tersebut (tuliskan sekitar 10 pokok pikiran),  selanjutnya jelaskan pesan yang disampaikan pada iklan yang anda tonton tersebut. Selanjutnya Jelaskan konsep motivasi apa yang terkandung dalam iklan yang anda tonton tersebut. Jelaskan pula  informasi pesan atau klaim apa yang disampaikan dalam iklan tersebut.

Tuliskan jawaban anda dalam file word kemudian beri nama file tersebut dengan nama anda dan nrp anda misalnya johan rinaldi H2412100050.docx. kemudian file tersebut di upload disini dengan mengclick, dan iklan yang ando tonton harus dicantumkan link iklannya di jawaban anda.

Upload Jawaban Esay UTT MP Studi Kasus Video Motivasi dan Iklan Produk Halal EK23

Batas Akhir  Jumat  07 April  2017 Pk 23.50

(masukan user id dan password lms anda)

EK23
NONAMANRPnama produk
1Aminata Sukriyak15162143Kosmetik Halal
2Amirah Firas Mufidahk15162144Daging Sapi Halal
3Ariani Dian Pratiwik15162145Daging Ayam Halal
4Dayu Safitrik15162146Asuransi Syariah
5Dede Iskandark15162147Saham Syariah
6Dina Wening Ati Diantik15162148Surat Hutang Syariah
7Farid Muharamk15162149Tabungan Syariah
8Hariz Eko Wibowok15162150Pembiayaan Kredit Syariah
9Idham Fitriadi Nurrramdhank15162151Restoran halal
10Khairunnajahk15162152Hotel Syariah
11Meutia Rahmak15162153Wisata Syariah
12Muhammad Qulki Ibnu Rahmank15162154Perumahan/properti syariah
13Mutiarak15162155Parfum Halal
14Rachmatk15162156Mi instan Halal
15Rahmi Fitria Malikk15162157Biskuit/bakery/kue halal
16Riko Adimulyak15162158Minuman Halal
17Tuti Apriyantik15162159Obat Herbal/jamu Halal
18Wahyu Rosidk15162160Sabun/pasta gigi halal

 

Soal Esay UTT MP Studi Kasus Video Motivasi dan Iklan Susu E61-E63-E60-E62

Sebuah perusahaan susu untuk konsumen berusia di bawah 12 tahun akan membuat sebuah iklan televisi mengenai produknya tersebut. Sebagai ahli pemasaran, anda diminta oleh perusahaan tersebut untuk membuat iklan televisi tersebut. Perusahaan meminta anda menggunakan teori motivasi konsumen dalam membuat iklan tersebut. Sebelum membuat iklan tersebut, anda diminta memahami teori motivasi konsumen terlebih dahulu, anda diminta menonton video motivasi konsumen dengan mengclick link gambar berikut berikut:

Sebelum menonton video tersebut, mohon mengclick menu subscribe yang terletak dibawah kiri video. Dengan mengclick subscribe artinya anda menjadi teman saya di Youtube yang telah menonton video yang telah saya buat.  Jika anda bertemen di Youtube, maka secara otomatis Youtube akan memberi tahu anda jika ada video lain yang saya buat dan di upload di Youtube.

Perusahaan meminta anda agar berhati-hati dalam membuat pesan atau menulis klaim khasiat susu dalam iklan tersebut sehingga tidak dianggap sebagai informasi atau klaim yang mengelabui.

Berikut adalah penjelasan Ujang Sumarwan, 2011 dalam bukunya Perilaku Konsumen: Teori dan aplikasinya dalam pemasaran

Apa yang dimaksud “informasi yang mengelabui”?

  • Informasi yang tidak benar
  • Tidak logis
  • Tidak mendasar

Iklan adalah sarana yang digunakan untuk :

  1. Menyampaikan atribut produk ke konsumen
  2. Membujuk konsumen agar mau membeli produk tersebut
  3. Sering kali untuk menyampaikan informasi yang mengelabui

Ada 4 jenis informasi yang mengelabui

  1. Klaim Dua Arti : Pernyataan yang mengandung dua arti ; sebagian benar dan sebagian salah. Contoh iklan mengenai telur yang menyatakan bahwa “telur tidak berbahaya dan sumber gizi yang dibutuhkan oleh tubuh” Adalah benar telur merupakan sumber gizi tetapi pernyataan telur tidak berbahaya adalah mengelabui, karena telur dapat menjadi tidak baik bagi sebagian konsumen yang sedang sakit tertentu.
  2. Klaim tidak rasional: Pernyataan yang tidak mempunyai dasar, tidak didukung oleh logika. Contoh produk kecantikan yang dapat menghilangkan kerut pada wajah seketika atau instan
  3. Klaim Objektif: Informasi tentang karakteristik suatu produk, dapat dibuktikan kebenarannya melalui pengujian. Misalnya susu mengandung 10 gram protein, maka kita dapat membuktikan klain tersebut melalui uji lab. Jika benar, maka iklan memberikan informasi yang benar. Jika salah maka iklan tersebut memberikan informasi yang mengelabui.
  4. Klaim Subjektif: Informasi yang subjektif, sukar diukur secara objektif dan sulit dibuktikan kebenarannya. Misalnya susu akan meningkatkan kecerdasan dan keceriaan. Dua klain tersebut sulit diukur kebenarannya.

Anda diminta terlebih dahulu menonton sebuah iklan susu dan diminta memberikan penilaian berdasarkan konsep 4 jenis informasi yang mengelabui tersebut. Jika anda mampu memberikan penilaian terhadap pesan atau klaim iklan susu tersebut, maka perusahaan menganggap anda telah memahami konsep iklan yang mengelabui dan diharapkan anda dapat menghindari pembuatan iklan yang memberikan informasi yang mengelabui. Silahkan click nama anda untuk menonton sebuah iklan, setiap mahasiswa akan menonton iklan yang berbeda. (lihat Tabel nama di bawah, click nama anda masing-masing)

Setelah menonton video motivasi dan video iklan susu, maka bahaslah iklan tersebut. Anda diminta mengevaluasi iklan dengan menggunakan

a. Konsep klaim yang mengelabui dari Ujang Sumarwan, 2011 dan

b. PERATURAN KEPALA BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 2016 TENTANG PEDOMAN TEKNIS PENGAWASAN PERIKLANAN PANGAN OLAHAN Lampiran 2, isi dari lampiran dua dapat dilihat di bawah ini setelah Tabel nama mahasiswa

Tuliskan point atau pokok pikiran dari video motivasi tersebut (tuliskan sekitar 10 pokok pikiran),  Jelaskan konsep motivasi apa yang terkandung dalam iklan yang anda tonton tersebut. Jelaskan pula  informasi pesan atau klaim yang mengelabui berdasarkan perspektif informasi yang mengelabui dari buku Sumarwan, 2011 jelaskan pula apakah ada pelanggaran terhadap peraturan Badan POM tersebut, bagian atau ayat mana yang dilanggar dan jelaskan pula konsep motivasi yang digunakan dalam iklan susu tersebut.

Tuliskan jawaban anda dalam file word kemudian beri nama file tersebut dengan nama anda dan nrp anda misalnya johan rinaldi H2412100050.docx. kemudian file tersebut di upload disini dengan mengclick

Upload Jawaban Esay UTT MP Studi Kasus Video Motivasi dan Iklan Susu E61-E63-E60-E62-EK23

Batas Akhir Minggu  02 April  2017Pk 23.50

(masukan user id dan password lms anda)

E60

NONAMAUsernameLink Iklan di YoutubeProduk/Merek
1Anna Muslikhah Jamilk15161001https://www.youtube.com/watch?v=M40E_ptM7eAIklan Susu Bear Brand edisi 2015 (Nestle)
2Annisia Nifkiayuk15161002https://www.youtube.com/watch?v=U8t2OmcRoI0SUSU BERUANG Anda Sering Minum !? Lihat Ada Apa dengan Susu ini !?
3Ari Surya Rusdionok15161003https://www.youtube.com/watch?v=DPLH0jgUyTcIklan Susu Bear Brand 2017
4Ariane Oktaviani Putrik15161004https://www.youtube.com/watch?v=pxIriyG7ZIMIklan Lucu Susu Sapi Kemasan Beruang Iklan Naga BEAR-BRAND
5Asep Nendi Rohaendik15161005https://www.youtube.com/watch?v=H02hvnpBjV015 Manfaat Susu Beruang / Bear Brand
6Awal Susmantok15161006https://www.youtube.com/watch?v=7GNBjYjEm7UIklan Ultra Milk Ultra Passion edisi Diajak Ke Peternakan
7Bambang Gunadi Amintartok15161007https://www.youtube.com/watch?v=qFodS_IWCUsIklan Nutrilon Royal – Mendaki dan Catur
8Bambang Samudra Harimurtik15161008https://www.youtube.com/watch?v=a_ZUc-dHEHENutrilon Royal 4
9Budi Hantak15161009https://www.youtube.com/watch?v=IJ3aX3GbEaMIklan Susu Vidoran Xmart edisi Main Layangan 30s
10Citra Fidyanik15161010https://www.youtube.com/watch?v=0j7uweJqTPQIklan Susu Boneeto 3 Paket Wisata Ke Disneyland USA
11Desi Kristiani Simbolonk15161011https://www.youtube.com/watch?v=WO0ApTUzUQQChilkid & Chil School-Sharing.mp4
12Dimass Harimurti Candra Negarak15161012https://www.youtube.com/watch?v=rIwbuyDx-OMIklan Susu Botol Indomilk SCI edisi Main Skateboard 30s (2009)
13Dorothea Radityas Moelyosusantok15161013https://www.youtube.com/watch?v=ON_0NlD7Id4Iklan Morinaga Chil School Untuk Generasi Platinum
14Dwi Budi Rohyatik15161014https://www.youtube.com/watch?v=08Oei9aIWDQIklan Ultrajaya Susu Ultra Sari Kacang Ijo
15Dwi Bulan Maulidinak15161015https://www.youtube.com/watch?v=mIz3aTwmGVkIklan Zee Kid Zee & Tween Zee
16Endras Pribadik15161016https://www.youtube.com/watch?v=CbCVZnXT9P8IKLAN SUSU ZEE JAN 2017
17Ginanjar Fahmi Pratamak15161017https://www.youtube.com/watch?v=CSw_q03zNH8Iklan Susu Zee edisi Hujan
18Haryadi Krisnandark15161018https://www.youtube.com/watch?v=4RjXlKDAwgAIklan Susu Zee – Clay Griblle dan Andryan Bima
19Insan Putrak15161019https://www.youtube.com/watch?v=krB4KMXbB_AIklan SUsu Zee
20Ismu Sutopok15161020https://www.youtube.com/watch?v=c9mmDz7zPjkIklan Susu Kental Manis Cap Enaak Kemasan Baru 15s
21Jenny Emile P. Marpaungk15161021https://www.youtube.com/watch?v=KpZpi9R3R9ESustagen: Susu berkhasiat untuk kanak-kanak membesar.
22Johanes Komarudink15161022https://www.youtube.com/watch?v=BQjpi122dycRecipe for your little one with Sustagen: Toad in a Hole
23Kandianawatik15161023https://www.youtube.com/watch?v=ro0Wvn2-4zQIklan Susu Enfagrow A+ edisi Terbaru 2015
24Lani Pujiastutik15161024https://www.youtube.com/watch?v=_hGUbxSXyYsIklan Enfagrow A+
25Mahruddin Harahapk15161025https://www.youtube.com/watch?v=Ci0OzMrxbb8Iklan Susu Kental Manis Indomilk – Enaknya Bikin Nempel 30s
26Mochammad Dennissyahk15161026https://www.youtube.com/watch?v=vsUmZ6cXbZIIklan – Anmum Essential 1234 Untuk Anak_30s
27Mufrad Azmadahadidk15161027https://www.youtube.com/watch?v=lM7q904YIbMIklan L-MEN – Ketumpahan Kopi (2017)
28Muhammad Lutfil Chakimk15161028https://www.youtube.com/watch?v=MtcFwTvCRGkIklan Susu Anak S 26 Procal Gold
29Nugrah Dwi Saptajik15161029https://www.youtube.com/watch?v=0dKa6PGzZVIIklan Susu Jahe Sidomuncul [with Uya Kuya dan Keluarga]
30Nurliya Apriyanak15161030https://www.youtube.com/watch?v=BT_PpYtsO4oIklan Procal S26 – JADIKAN PINTARNYA BERSINAR
31Raihan Bahrul Ilmik15161031https://www.youtube.com/watch?v=CXJXbJer418Iklan Minute Maid Nutriboost – Paduan Serasi Susu dan Sari Buah 15s (2017)
32Rizavia Mardhika Putrik15161032https://www.youtube.com/watch?v=_ZBMBQ3QAGoSimilac Gain Plus Advance 125 years 15 sec 1
33Ryandi Simanjuntakk15161033https://www.youtube.com/watch?v=0iVa-Fk-vGEIklan Susu Frisian Flag 2017
34Saka Haditya Murpraptomok15161034https://www.youtube.com/watch?v=7s5s9UeTqJAIklan Susu Indomilk – Kontes Resep Kondang Keluarga Nempel 30s (2017)
35Sena Yoga Samudrak15161035https://www.youtube.com/watch?v=o8FhGlw8huAIklan Susu Milo 15s (2017)
36Supriyadik15161036https://www.youtube.com/watch?v=HsK5Es-eVO8Iklan SGM Nutriday Gerakan 7 Hari Minum Susu
37Supriyatnok15161037https://www.youtube.com/watch?v=FhUsKBJWZAEIklan Susu HiLo School versi “My Kid My Hero”
38Titis Wicaksonok15161038https://www.youtube.com/watch?v=GKPjhpfpih0Iklan Susu Milo – Anak Baru 15s (2017)
39Tri Wahyudik15161039https://www.youtube.com/watch?v=nzu4tA-VcSIIklan Susu Kental Manis Cap Enaak – Arisan 15s (2016)
40Umi Gita Nugrahenik15161040https://www.youtube.com/watch?v=BuZBUTdMr6EIklan Ultra Milk Share to Care Moore – VR 360 (2017)
41Vivin Ayu Oktavianik15161041https://www.youtube.com/watch?v=PMexXbv7uzUIklan Susu Appeton Weight Gain 15s
42Yessy Marga Safitrik15161042https://www.youtube.com/watch?v=TwXymPkqc3sIklan Anlene Edisi Mama Main Drum
43Yudhistiranggak15161043https://www.youtube.com/watch?v=u7moIkv97SEIklan Susu Chil-go – Wherever You Go Chilgo 15s (2015)

E62

NONAMAUsernameLink Iklan di YoutubeProduk/Merek
1Achmad Khaerul AnamK25161074https://www.youtube.com/watch?v=1VeHn-5TRrYIklan Cimory FULL (2016) :Menangin Sapi_ Lucu Sekali [1080P]
2Afra GhaliyahatiK25161075https://www.youtube.com/watch?v=hsB2LBtgN1oIklan Dancow Batita & Dancow Datita – Anak Main & Hewan
3Agung FajariawanK25161076https://www.youtube.com/watch?v=bYcaLi83yNQIklan Dancow Datita
4Alfa Nursyamiza NusiferaK25161077https://www.youtube.com/watch?v=Ks-FvHA9b8kCimory – Cow Bird
5AlhoriK25161078https://www.youtube.com/watch?v=GaqKLxdiHWEIklan Frisian Flag Coconut Delight – Pertama Di Indonesia
6Arif AndikaK25161079https://www.youtube.com/watch?v=l80sIX7MmjcIklan Frisian Flag – Keluarga (2017)
7Arum NurhandayaniK25161080https://www.youtube.com/watch?v=YKsEIZ0wtFkIklan Susu Bendera Frisian Flag Rasa Coconut Delight
8Arzizal Ardhi ImanuK25161081https://www.youtube.com/watch?v=6xPfjMpjtmoIklan Frisian Flag edisi Kenapa Nenek Suka Frisian Flag
9Bagus Randhyartha GumilarK25161082https://www.youtube.com/watch?v=g-Qq6GHov9UIklan Frisian Flag edisi Buka Puasa Ramadhan 2015
10Bambang AdityoK25161083https://www.youtube.com/watch?v=OPpH-zOwonwIklan Frisian Flag Gold – Buatan
11Diar ErstantyoK25161084https://www.youtube.com/watch?v=M1KZ536ct7ESusu Kental Manis Frisian Flag Maestro Mom
12Didik PriantoK25161085https://www.youtube.com/watch?v=CjkilONc3C4Frisian Flag Mama – Kejutan Kecil Yang Dapat Membahagiakan Ibu Hamil
13Evie OctarinaK25161086https://www.youtube.com/watch?v=sYtBGDgq_dcSarapan Sempurna Susu Kental Manis Frisian Flag – Pulang
14Farhan Abdul HadiK25161087https://www.youtube.com/watch?v=Y8-WFiu0YmIFrisian Flag Mama – Apapun Profesinya, #KitaSemuaMama
15Fika Enri AprigiyoniesK25161088https://www.youtube.com/watch?v=iIGXGEpelnUFrisian Flag Mama – Ciptakan Momen Spesial Untuk Menyenangkan Ibu Hamil
16Haris BudimanK25161089https://www.youtube.com/watch?v=tMk6_gMa5dEIklan Susu Cap Enaak – Yang Enak Tambah Enaak
17Hendro TjahjonoK25161090https://www.youtube.com/watch?v=c9mmDz7zPjkIklan Susu Kental Manis Cap Enaak Kemasan Baru 15s
18Ika SetyawatiK25161091https://www.youtube.com/watch?v=AiI-XJZf5kMIklan Milo Protomalt 2015
19Intan Ika Putri HeryaniK25161092https://www.youtube.com/watch?v=8Ug7u9iqhXAIklan Milo
20Ivana SiregarK25161093https://www.youtube.com/watch?v=ansH_FWsTBUMILO Indonesia – Victory
21M. Sofyan FauziK25161094https://www.youtube.com/watch?v=NUiNItfmLjMIklan Ultra Milk Ultra Passion edisi Diajak Ke Peternakan
22Marietta Krisnaya Nandika PutriK25161095https://www.youtube.com/watch?v=nd2KixR32cUIklan Ultra Milk – Keluarga
23Mikhael Wisnu SetiawanK25161096https://www.youtube.com/watch?v=9jebN0SBHSkMilk everyday
24Muhamad IqbalK25161097https://www.youtube.com/watch?v=HImyJKJzIC0Iklan Indomilk kental manis 2016
25Mulyana SuryaK25161098https://www.youtube.com/watch?v=16GXxlNk_4cFresh morning “susu segar indomilk 2016”
26Novia Yuni Artha NainggolanK25161099https://www.youtube.com/watch?v=HImyJKJzIC0Iklan indomilk kental manis 2016
27Nudiya KhairunnisaK25161100https://www.youtube.com/watch?v=S2BTGZ4WGa4Iklan SGM Eksplor Edisi Kedua dengan Presinutri+ Berdua Jadi Hebat
28Nurani PertiwiK25161101https://www.youtube.com/watch?v=OHuSFDby3r8Iklan SGM eksplor 5+
29Prori Vitaliano LatiefK25161102https://www.youtube.com/watch?v=T4MB1lXpRygBebelac 4 sing-a-long
30Ramadhoni Tiar SaputraK25161103https://www.youtube.com/watch?v=ycUIYF1vi9QIklan Frisian Flag Karya 4-5 Tahun Momen WOW Periode 2 (Qeela)
31Ramya Inggita ManikottamaK25161104https://www.youtube.com/watch?v=ytlJbBpasPMIklan Frisian Flag Kid & School
32Rosalia KusumowatiK25161105https://www.youtube.com/watch?v=PVl3cIJ4Y7MIklan Susu Bendera Frisian Flag Edisi Karakter Superhero
33Taufik TriadiK25161106https://www.youtube.com/watch?v=uLDS_DPmgSYIklan Friso GOLD – EXPERIENCE more together
34Tendy Arya PranataK25161107https://www.youtube.com/watch?v=tkKU6AwxQD4Baru! Friso Gold dengan teknologi LocNutri™
35Tommy AndikaK25161108https://www.youtube.com/watch?v=mTTZilz7aOYNestle Indonesia – DANCOW – Iklan TV DANCOW 3+
36Try Supanji AkbarK25161109https://www.youtube.com/watch?v=ymR6zkC9B7INestle Indonesia – DANCOW EXCELNUTRI+ – Cinta Ayah Bunda Mendukung Tumbuh Kembang si Kecil
37Umari HasanK25161110https://www.youtube.com/watch?v=P7k1vt2O9eUNestlé Indonesia – Video DANCOW Fortigro | “Tips Bersosialisasi” #SiapSekolah
38Yudhi KristiawanK25161111https://www.youtube.com/watch?v=ST9tYzVIZFoNestlé Indonesia – Video DANCOW Fortigro | “Ayo Bangun Indonesia!” #SiapSekolah
39Yulia Caesariani WulandariK25161112https://www.youtube.com/watch?v=f0Vy4kuIGzsNestlé Indonesia – Video DANCOW Fortigro | “Aku Aja!” #SiapSekolah
40ZikriK25161113https://www.youtube.com/watch?v=oa2qu3R5mcEIklan Chil Go Susu Cair Pertumbuhan Siap Minum 30s

E61

NoNama LengkapNIMAngkatanNama ProdukMerek
1Adi Mulyadik15161044E61SGM Eksplor Presinutri+ – Lengkapi Nutrisinya dan #JadikanDuniaSahabatnyaSGM
2Adinda Citra Kusumak15161045E61Iklan Susu SGM 3 versi Pohon Strawberry (2008)SGM
3Ahmad Saomin Alik15161046E61Iklan susu SGM eksplor (Julianti sebagai Ibu Guru)SGM
4Ali Akil Parlindungan Siregark15161047E61Iklan Susu SGM Eksplor 2015 Berdua Lebih Hebat Fix VersionSGM
5Bayu Widiarnok15161048E61aluna paling senang nonton iklan apalagi iklan Susu SGM hihiSGM
6Daniel Herianto Simbolonk15161049E61Iklan Susu SGM Eksplor Soya dengan Presinutri+SGM
7Dony Ariya Iskandark15161050E61Iklan SGM Eksplor Edisi Kedua dengan Presinutri+ Berdua Jadi HebatSGM
8Dwi Intan Widyastutik15161051E61Iklan SGM Eksplor Presinutri+ – Masuk Sekolah (2017)SGM
9Endang Gunawank15161052E61Iklan Bebelac 3 – Kucing HilangBebelac
10Evy Riyantik15161053E61Saatnya Ikutan Bebehero Hi5!Bebelac
11Ghaniy Ridha Primak15161054E61Iklan Susu Bebelac 3 [45S] @ (2016)Bebelac
12Herpri Darmansyahk15161055E61Bebelac 3 – medley You’re My EverythingBebelac
13Hilal Firmansyahk15161056E61Iklan Bebelac (You’re My Everything) – YouTube.flvBebelac
14Imam Wahyudi Sukocok15161057E61Iklan Bebelac 3 – Hi5Bebelac
15Indra Sugiartok15161058E61Iklan Bebelac 3 2012Bebelac
16Johan Firmansyahk15161059E61Afiqah – IKLAN BebelacBebelac
17Mohammad Harris Pratamak15161060E61Iklan Bebelac 3 – Kucing HilangBebelac
18Mochammad Ridwan Adityak15161061E61Iklan Susu Anak S 26 Procal GoldProcal Gold
19Mohammad Baedowyk15161062E61Iklan Susu Procal Gold versi Berjuta Akal Pintar Setiap HariProcal Gold
20Muhamad Hafiz Abdillahk15161063E61Iklan S-26 Procal Gold [HD]Procal Gold
21Puryanik15161064E61IKLAN S26 PROCAL GOLD WYETH TTV 2016Procal Gold
22Rian Priyatnok15161065E61Iklan Procal S26 – JADIKAN PINTARNYA BERSINARProcal Gold
23Rizky Surya Anandak15161066E61Iklan S-26 Procal GoldProcal Gold
24Rulli Hendrianik15161067E61Iklan Procal Gold S-26 – Renang (2)Procal Gold
25Ruth Johana Angelinak15161068E61Iklan Procal Gold S-26 – Teka-TekiProcal Gold
26Sintya Rosdwiantyk15161069E61Susu Bendera CoklatBendera
27Siti Komariahk15161070E61Iklan Frisian Flag – Keluarga (2017)Bendera
28Syuhairik15161071Iklan Frisian Flag Susu Bendera Jelajah edisi Sembunyi Kaya BunglonBendera
29Tribella Kembarenk15161072E61Iklan Frisian Flag Susu Bendera (Versi Marshanda) (Sekitar 1999)Bendera
1Adithia Anggraenik15161114E63Iklan Susu Bendera / Frisian Flag Coklat – Tetes Terakhir (2002 & Remake 2006)Bendera
2Asy Syifa Vivekanandak15161115E63Iklan Susu Bendera Frisian Flag Edisi Karakter SuperheroBendera
3Bintang Mukhammad Burhanudin Akbark15161118E63Iklan Susu Bendera (1994) @ RCTIBendera
4Budi Rahardjok15161119E63Iklan Susu Bendera Frisian Flag dengan Desain Bukaan BaruBendera
5Chiquita Maharanik15161120E63Iklan Dancow Terbaru 2015 dengan FortiGroDancow
6Dedy Guswandik15161121E63Iklan Dancow 1+ dengan Excelnutri+ edisi Ngasih Makan DombaDancow
7Dwi Widodo Primantorok15161122E63Iklan Dancow Fortigro – Lalu LintasDancow
8Farhan Fauzank15161123E63Iklan Dancow 1+ 2015 edisi Jadi KoboiDancow
9Glynae Widyawatik15161124E63Nestle Indonesia – DANCOW EXCELNUTRI+ – I’m Proud! #DANCOWLindungiDancow
10Henri Simanjuntakk15161125E63Nestlé Indonesia – Tips Siap Sekolah – Video DANCOW FortiGro Excelnutri+Dancow
11Iik Yani Hidayatik15161126E63Nestlé Indonesia – Beda Masa, Cinta Ibu Selalu Sama – #KarenaBunda – Video DANCOW FortiGroDancow
12Ilham Arie Hermandak15161127E63Nestlé Indonesia – Jingle #SiapSekolah – Video DANCOW FortiGroDancow
13IndriE63Iklan Susu Zee – Clay Griblle dan Andryan BimaZee
14Irpan Effendik15161128E63Iklan Susu Zee – Tumbuh Tinggi Banyak Solu ZeeZee
15Kasaya Annisa Rahmaniahk15161129E63Iklan Susu Zee edisi HujanZee
16Maulita Lutfianik15161130E63[Fradhyt] Iklan TVC Susu Zee “Loncat Pagar”Zee
17MiaE63Iklan Susu Zee Berhadiah Mainan Superhero DC Comics Justice League 15sZee
18Mokhamad Fadhil Adnanhasank15161131E63IKLAN SUSU ZEE JAN 2017Zee
19Muhammad Adam Soetirtok15161132E63Iklan Susu Zee “Brandon’s Mom Testimony” 30″Zee
20Muhammad Fachril Husain Jeddawik15161133E63Iklan Susu Zee – Tumbuh Tinggi Banyak Solu Zee 30secZee
21Nia Sarastika Trinugrohok15161134E63[Fradhyt] Iklan Promo Event Susu ZEE “Anak PrestaZee Indonesia”Zee
22Novie Nostalgia Adiwinatak15161135E63Iklan Enfagrow A+Enfagrow
23Nugraha Bagoes Soegestyk15161136E63Iklan Susu Enfagrow A+ edisi Terbaru 2015Enfagrow
24Pamian Siregark15161137E63Enfagrow A+ with 360 MiND Plus (Bahasa Malaysia)Enfagrow
25RaraE63Iklan Enfagrow AEnfagrow
26Salix Fini Marisk15161138E63Enfagrow A+ Gentle Care – Solusi Perut Peka Si KecilEnfagrow
27Sandi Octa Susilak15161139E63Iklan Enfagrow A+1Enfagrow
28Sujiantok15161140E63Susu EnfagrowEnfagrow
29Yelli Yuliank15161141E63Enfagrow A+ – Ayo Bantu Optimalkan CerdasnyaEnfagrow
30Yusuf Iskandark15161142E63Iklan – Enfagrow 02_30sEnfagrow

Bacalah lampiran berikut:

LAMPIRAN II PERATURAN KEPALA BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN REPUBLIK INDONESIA

NOMOR 2 TAHUN 2016 TENTANG PEDOMAN TEKNIS PENGAWASAN PERIKLANAN PANGAN OLAHAN

INFORMASI IKLAN

A. PERSYARATAN UMUM

  1. Informasi yang harus diperhatikan dalam Iklana.

a. Iklan harus jujur, benar dan bertanggungjawab.

b. Cara penyajian iklan harus memperhatikan kepantasan dan sesuai dengan norma kesopanan dan budaya yang berlaku di masyarakat.

c. Nama dagang yang telah memiliki sertifikat merek apabila digunakan sebagai pesan dan/atau klaim dalam iklan wajib disertai bukti ilmiah yang disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan

d. Iklan wajib menyatakan atau mencantumkan tulisan “Baca label sebelum membeli”.

  1. Informasi yang tidak boleh dicantumkan dalam Iklan

a. Iklan dilarang memuat kata, pernyataan, gambar yang bermakna hiperbola yang berpeluang untuk ditiru dan membahayakan. Iklan boleh memuat ekspresi dan/atau visualisasi hiperbola yang berada di luar jangkauan akal manusia selama masih memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan dan pesan yang disampaikan tidak menyesatkan.

b. Iklan dilarang memuat kata atau kalimat sebagai berikut:

1) Kata-kata superlatif seperti “paling”, “nomor satu”, ”top”, atau kata-kata berawalan “ter“, dan atau yang bermakna sama, kecuali jika disertai dengan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan

2) ”Satu-satunya”, ”hanya”, ”cuma”, atau yang bemakna sama tidak boleh digunakan, kecuali jika secara khas disertai dengan penjelasan yang dapat dipertanggungjawabkan, dalam hal apa produk tersebut menjadi satu-satunya

3) “Jauh lebih…” atau “Lebih …” atau yang semakna, kecuali apabila diperbandingkan dengan produknya sendiri.

-15-

4) “Sehat”, “Cerdas”, “Pintar” jika terkait dengan sebab dan akibat dari mengkonsumsi pangan yang diiklankan.

5) “Aman”, “tidak berbahaya”, ”tidak mengandung risiko” atau “tidak ada efek samping” atau yang semakna, tanpa keterangan yang lengkap.

c. Pangan olahan dilarang diiklankan seolah-olah sebagai obat.

d. Iklan dilarang menggunakan dan/atau menampilkan secara tidak layak pahlawan, monumen dan lambang-lambang kenegaraan maupun tokoh-tokoh dan monumen yang telah merupakan milik umum.

e. Iklan dilarang menggunakan kata-kata:

1) Penemuan baru

2) Ajaib/keajaiban alami

3) Keramat

4) Keajaiban dunia

5) Agar lebih aktif

6) Agar lebih berprestasi

7) Modern

8) Canggih

f. Iklan dilarang menyalahgunakan istilah-istilah ilmiah, statistik dan grafik apabila bertujuan untuk menyesatkan khalayak, atau menciptakan kesan yang berlebihan dan tak bermakna, serta tidak sesuai dengan kaidah kaidah penelitian

g. Iklan dilarang menyebutkan teknologi pengolahan kecuali teknologi tersebut termasuk dalam kelompok jenis pangan, seperti susu UHT, susu pasteurisasi, dan/atau susu evaporasi, karena proses UHT, pasteurisasi, dan/atau evaporasi merupakan proses yang termasuk dalam kelompok jenis pangan.

h. Iklan dilarang mengaitkan atau menghubungkan dengan suatu event/ peristiwa/ kegiatan, dimana karena mengkonsumsi pangan tersebut seseorang meraih prestasi, atau berhasil keluar sebagai pemenang dalam kegiatan tersebut.

i. Iklan dilarang mengambil kesempatan/keuntungan terhadap kesalahan orang lain untuk kepentingan periklanan pangan.

j. Iklan dilarang mencantumkan bahwa pangan dapat menyehatkan dan dapat memulihkan kesehatan.

-16-

k. Iklan dilarang memuat keterangan atau pernyataan bahwa pangan tersebut adalah sumber energi yang unggul dan segera memberikan kekuatan.

l. Iklan tidak boleh dihubungkan dengan hal-hal yang menyangkut kesehatan dan pemulihan tenaga, kecuali pangan dengan klaim penurunan risiko penyakit.

m. Iklan dilarang melecehkan, mendiskreditkan atau merendahkan baik secara langsung maupun tidak langsung pangan lain.

n. Dilarang menampilkan dalam bentuk apapun hal-hal yang dianggap dapat mengganggu atau merusak jasmani dan rohani anak-anak.

o. Penggunaan pendekatan fantasi atau imajinasi tidak boleh dibuat sedemikian rupa, sehingga mendorong anak untuk mempercayainya sebagai suatu kebenaran.

3. Hal-hal yang tidak boleh digunakan/dicantumkan dalam Iklan

a. Pemeran

1) Iklan tidak boleh diperankan oleh tenaga kesehatan, tokoh agama, atau pejabat publik atau berperan sebagai tenaga kesehatan atau pejabat publik.

2) Iklan dilarang semata-mata menampilkan anak-anak berusia di bawah 5 (lima) tahun dalam bentuk apapun, kecuali apabila pangan tersebut diperuntukkan bagi anak-anak yang berusia di bawah 5 (lima) tahun.

b. Setting / Gambar

1) Iklan dilarang menampilkan gambar laboratorium, nama, logo atau identitas lembaga, termasuk lembaga yang melakukan analisis dan/atau mengeluarkan sertifikat terhadap pangan.

2) Iklan tidak boleh menampilkan adegan, gambar, tanda, tulisan, kata-kata, suara, dan lainnya yang memberi kesan tidak sopan.

c. Materi Edukasi

Untuk materi edukasi baik dalam bentuk advertorial ataupun bentuk lainnya agar dipisahkan dari iklan pangan olahan sehingga tidak bias antara iklan pangan olahan dengan materi informasi umum atau iklan layanan masyarakat.

-17-

B. PERSYARATAN KHUSUS

  1. Iklan Pangan yang Berkaitan dengan Gizi dan Kesehatan

a. Pernyataan dan atau gambar bahan pangan yang dapat diiklankan harus sesuai dengan klaim dan label yang disetujui

b. Iklan dilarang menyatakan seolah-olah pangan berlabel gizi mempunyai kelebihan dari pangan yang tidak berlabel gizi.

c. Iklan dilarang memuat pernyataan kandungan zat gizi pada pangan apabila kandungan zat gizi tersebut tidak seluruhnya berasal dari pangan tersebut, tetapi sebagian diberikan oleh pangan lain yang dapat dikonsumsi bersama-sama.

2. Iklan Pangan Olahan Tertentu

a. Iklan pangan yang mencantumkan Klaim Penurunan Risiko Penyakit harus dievaluasi terlebih dahulu sebelum diiklankan.

b. Pangan yang mencantumkan Klaim Penurunan Risiko Penyakit sebagaimana dimaksud pada huruf (a) ditentukan berdasarkan risk based evaluation.

c. Pangan untuk bayi yang boleh diiklankan hanya makanan pendamping ASI (MP-ASI).

d. Iklan MP-ASI wajib memuat keterangan peruntukannya. Keterangan peruntukan harus jelas dinyatakan bahwa produk tersebut ditujukan untuk bayi berusia 6 bulan ke atas atau berdasarkan indikasi medik, sampai anak berusia 24 bulan.

e. Iklan tentang formula bayi, formula lanjutan, dan pangan untuk keperluan medis khusus dilarang dimuat dalam media massa, kecuali dalam media cetak khusus tentang kesehatan, setelah mendapat persetujuan Menteri Kesehatan. Iklan formula bayi dan formula lanjutan wajib memuat keterangan bahwa pangan yang bersangkutan bukan pengganti ASI.

f. Iklan MP-ASI dilarang menampilkan gambar bayi di bawah usia 6 bulan.

g. Formula pertumbuhan yang memakai nama dagang yang sama dengan nama dagang formula bayi dan formula lanjutan dilarang diiklankan.

h. Iklan pangan dengan klaim penurunan risiko penyakit wajib menyatakan keterangan tentang peruntukan, anjuran konsumsi dan peringatan perhatian yang perlu diketahui

-18-

i. Iklan pangan untuk anak-anak wajib memenuhi ketentuan sebagai

berikut:

1) Dilarang mengambil manfaat atas kemudah-percayaan, kekurangan pengalaman atau kepolosan hati anak-anak

2) Iklan tidak diperkenankan mengesankan bahwa manfaat dari suatu produk dapat memengaruhi perubahan status, popularitas, kepandaian, keberhasilan dalam kegiatan olah-raga, perubahan fisik, dan hal-hal sejenis lainnya.

3) Iklan tidak boleh menganjurkan atau membenarkan, atau mendorong timbulnya perilaku yang tidak benar; seperti:

  • Menentang atau mengabaikan nasihat atau anjuran orangtua atau orang yang dituakan.
  • Menampilkan adegan berbahaya atau kekerasan, sekalipun dikemas dalam bentuk permainan anak.
  • Menggunakan bahasa atau percakapan yang tidak pantas diucapkan oleh anak.
  • Menampilkan adegan yang mengeksploitasi daya rengek (pester power) anak, dengan tujuan memaksa para orangtua untuk mengabulkan permintaan anak mereka akan produk terkait.
  • Menganjurkan pola makan atau diet yang tidak sehat.
  1. Iklan Bahan Tambahan Pangan

a. Iklan bebas bahan tambahan pangan atau yang semakna harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

b. Iklan sediaan pemanis buatan dilarang menggunakan tulisan, katakata, gambar seolah-olah pemanis buatan berasal dari alam.

  1. Iklan yang Berkaitan dengan Proses dan Asal serta Sifat Bahan Pangan

a. Kata-kata, kalimat, pernyataan, gambar tentang asal serta sifat bahan pangan untuk disampaikan dalam iklan hanya boleh digunakan apabila tidak menyesatkan, dan/atau menimbulkan penafsiran yang salah.

b. Penggunaan klaim “bebas kolesterol” atau “non kolesterol” pada iklan hanya diperbolehkan apabila pangan tersebut mengandung bahan yang secara kajian ilmiah lazim mengandung kolesterol.

c. Pernyataan “alami” hanya dapat digunakan untuk bahan mentah, yang tidak dicampur dan tidak diproses atau produk yang diproses secara fisika tetapi tidak mengubah sifat kimia dan kandungannya.

-19-

d. Pernyataan “murni” atau pernyataan “100%” hanya dapat digunakan untuk produk pangan yang tidak ditambahkan/dicampur dengan bahan lain.

e. Pernyataan “dibuat dari” hanya dapat digunakan bila produk yang bersangkutan seluruhnya terdiri dari satu bahan.

f. Pernyataan “dibuat dengan … ” atau “berisi … ” dapat digunakan bila produk terdiri dari beberapa bahan.

g. Pernyataan “segar” hanya dapat digunakan apabila pangan tidak diproses, berasal dari suatu bahan dan menggambarkan pangan yang belum mengalami penurunan mutu secara keseluruhan.

h. Pangan yang dibuat atau berasal dari bahan alamiah tertentu hanya dapat diiklankan sebagai pangan yang berasal dari bahan baku alamiah tersebut apabila pangan tersebut mengandung bahan alamiah yang bersangkutan tidak kurang dari persyaratan minimal yang ditetapkan dalam Standar Nasional Indonesia atau ketentuan lain yang berlaku.

i. Iklan tidak boleh menyebutkan kata-kata “higienis”, “sanitasi”, dan hal lain semakna yang sudah merupakan keharusan dalam proses produksi pangan.

5. Iklan Minuman Beralkohol

a) Setiap orang dilarang mengiklankan minuman beralkohol dalam media massa apapun.

b) Tidak mempengaruhi atau merangsang khalayak untuk mulai meminum minuman beralkohol.

c) Tidak menyarankan bahwa tidak meminum minuman beralkohol adalah hal yang tidak wajar.

d) Tidak menggambarkan penggunaan minuman beralkohol dalam kegiatan-kegiatan yang dapat membahayakan keselamatan.

e) Tidak menampilkan ataupun ditujukan terhadap anak di bawah usia 21 tahun, dan/atau wanita hamil.

  1. Iklan Pangan yang Menyertakan Undian, Sayembara dan Hadiah

a. Iklan pangan boleh menyertakan undian, sayembara atau hadiah langsung

b. Pencantuman pernyataan “syarat dan ketentuan berlaku” dalam iklan harus diikuti dengan keterangan yang menjelaskan di mana dan bagaimana memenuhi persyaratan dan ketentuan tersebut.

c. Pernyataan “syarat dan ketentuan berlaku” harus mudah terbaca.

-20-

d. Mencantumkan tanggal penarikan dan cara pengumuman pemenangnya.

e. Dilarang mensyaratkan “selama persediaan masih ada“ atau ungkapan lain yang sejenisnya.

  1. Iklan Pangan Halal

a. Kata halal pada sesuatu produk hanya dapat disiarkan sesudah produk tersebut memperoleh sertifikat halal resmi dari lembaga yang berwenang.

b. Kata ”halal” tidak boleh dieksploitasi. Eksploitasi kata halal adalah penggunaan label halal atau kata halal sebagai pesan utama yang dikampanyekan dengan tujuan untuk merayu, membujuk atau mempengaruhi proses pembelian. Kata halal hanya boleh dicantumkan sebagai informasi atau fakta.

KEPALA BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN

REPUBLIK INDONESIA,

ttd.

ROY A. SPARRINGA