Ujian Tengah MP E60-E61-E62-E63-EK23

Ujian Esay UTT MP Studi Kasus Video Motivasi dan Iklan Produk Halal EK23

EK23

Sebuah perusahaan produk-produk halal  akan membuat sebuah iklan televisi mengenai produknya tersebut. Sebagai ahli pemasaran, anda diminta oleh perusahaan tersebut untuk membuat iklan televisi tersebut. Perusahaan meminta anda menggunakan teori motivasi konsumen dalam membuat iklan tersebut. Sebelum membuat iklan tersebut, anda diminta memahami teori motivasi konsumen terlebih dahulu, anda diminta menonton video motivasi konsumen dengan mengclick link berikut:

https://youtu.be/V3XCnkUtJFg

 

Sebelum menonton video tersebut, mohon mengclick menu subscribe yang terletak dibawah kiri video. Dengan mengclick subscribe artinya anda menjadi teman saya di Youtube yang telah menonton video yang telah saya buat.  Jika anda bertemann di Youtube, maka secara otomatis Youtube akan memberi tahu anda jika ada video lain yang saya buat dan di upload di Youtube.

 

Perusahaan meminta anda agar berhati-hati dalam membuat pesan atau menulis klaim produk dalam iklan tersebut sehingga tidak dianggap sebagai informasi atau klaim yang mengelabui. Setelah anda menonton video motivasi, anda diminta untuk mengamati dan menonton video iklan-iklan produk halal yang beredar di youtube.com

Anda diminta terlebih dahulu menonton sebuah iklan produk halal dan diminta memberikan penilaian berdasarkan teori motivasi konsumen yang telah anda tonton tersebut. Jika anda mampu memberikan penilaian terhadap pesan atau klaim iklan tersebut, maka perusahaan menganggap anda telah memahami konsep iklan yang dibuat dengan pendekatan teori perilaku konsumen. Silahkan perhatikan nama anda untuk pada Tabel EK23 di bawah ini, kemudian perhatikan kolom nama produk, silahkan download sebuah iklan di youtube yang menayangkan produk halal tersebut. Setiap mahasiswa akan diminta mendownload iklan produk yang berbeda sesuai nama produk yang tercantum pada kolom nama produk pada Tabel dibawah ini.

Setelah menonton video motivasi dan video iklan tersebut, maka Tuliskan point atau pokok pikiran dari video motivasi tersebut (tuliskan sekitar 10 pokok pikiran),  selanjutnya jelaskan pesan yang disampaikan pada iklan yang anda tonton tersebut. Selanjutnya Jelaskan konsep motivasi apa yang terkandung dalam iklan yang anda tonton tersebut. Jelaskan pula  informasi pesan atau klaim apa yang disampaikan dalam iklan tersebut.

Tuliskan jawaban anda dalam file word kemudian beri nama file tersebut dengan nama anda dan nrp anda misalnya johan rinaldi H2412100050.docx. kemudian file tersebut di upload disini dengan mengclick, dan iklan yang ando tonton harus dicantumkan link iklannya di jawaban anda.

Upload Jawaban Esay UTT MP Studi Kasus Video Motivasi dan Iklan Produk Halal EK23

Batas Akhir  Jumat  07 April  2017 Pk 23.50

(masukan user id dan password lms anda)

EK23
NO NAMA NRP nama produk
1 Aminata Sukriya k15162143 Kosmetik Halal
2 Amirah Firas Mufidah k15162144 Daging Sapi Halal
3 Ariani Dian Pratiwi k15162145 Daging Ayam Halal
4 Dayu Safitri k15162146 Asuransi Syariah
5 Dede Iskandar k15162147 Saham Syariah
6 Dina Wening Ati Dianti k15162148 Surat Hutang Syariah
7 Farid Muharam k15162149 Tabungan Syariah
8 Hariz Eko Wibowo k15162150 Pembiayaan Kredit Syariah
9 Idham Fitriadi Nurrramdhan k15162151 Restoran halal
10 Khairunnajah k15162152 Hotel Syariah
11 Meutia Rahma k15162153 Wisata Syariah
12 Muhammad Qulki Ibnu Rahman k15162154 Perumahan/properti syariah
13 Mutiara k15162155 Parfum Halal
14 Rachmat k15162156 Mi instan Halal
15 Rahmi Fitria Malik k15162157 Biskuit/bakery/kue halal
16 Riko Adimulya k15162158 Minuman Halal
17 Tuti Apriyanti k15162159 Obat Herbal/jamu Halal
18 Wahyu Rosid k15162160 Sabun/pasta gigi halal

 

Soal Esay UTT MP Studi Kasus Video Motivasi dan Iklan Susu E61-E63-E60-E62

Sebuah perusahaan susu untuk konsumen berusia di bawah 12 tahun akan membuat sebuah iklan televisi mengenai produknya tersebut. Sebagai ahli pemasaran, anda diminta oleh perusahaan tersebut untuk membuat iklan televisi tersebut. Perusahaan meminta anda menggunakan teori motivasi konsumen dalam membuat iklan tersebut. Sebelum membuat iklan tersebut, anda diminta memahami teori motivasi konsumen terlebih dahulu, anda diminta menonton video motivasi konsumen dengan mengclick link gambar berikut berikut:

Sebelum menonton video tersebut, mohon mengclick menu subscribe yang terletak dibawah kiri video. Dengan mengclick subscribe artinya anda menjadi teman saya di Youtube yang telah menonton video yang telah saya buat.  Jika anda bertemen di Youtube, maka secara otomatis Youtube akan memberi tahu anda jika ada video lain yang saya buat dan di upload di Youtube.

Perusahaan meminta anda agar berhati-hati dalam membuat pesan atau menulis klaim khasiat susu dalam iklan tersebut sehingga tidak dianggap sebagai informasi atau klaim yang mengelabui.

Berikut adalah penjelasan Ujang Sumarwan, 2011 dalam bukunya Perilaku Konsumen: Teori dan aplikasinya dalam pemasaran

Apa yang dimaksud “informasi yang mengelabui”?

  • Informasi yang tidak benar
  • Tidak logis
  • Tidak mendasar

Iklan adalah sarana yang digunakan untuk :

  1. Menyampaikan atribut produk ke konsumen
  2. Membujuk konsumen agar mau membeli produk tersebut
  3. Sering kali untuk menyampaikan informasi yang mengelabui

Ada 4 jenis informasi yang mengelabui

  1. Klaim Dua Arti : Pernyataan yang mengandung dua arti ; sebagian benar dan sebagian salah. Contoh iklan mengenai telur yang menyatakan bahwa “telur tidak berbahaya dan sumber gizi yang dibutuhkan oleh tubuh” Adalah benar telur merupakan sumber gizi tetapi pernyataan telur tidak berbahaya adalah mengelabui, karena telur dapat menjadi tidak baik bagi sebagian konsumen yang sedang sakit tertentu.
  2. Klaim tidak rasional: Pernyataan yang tidak mempunyai dasar, tidak didukung oleh logika. Contoh produk kecantikan yang dapat menghilangkan kerut pada wajah seketika atau instan
  3. Klaim Objektif: Informasi tentang karakteristik suatu produk, dapat dibuktikan kebenarannya melalui pengujian. Misalnya susu mengandung 10 gram protein, maka kita dapat membuktikan klain tersebut melalui uji lab. Jika benar, maka iklan memberikan informasi yang benar. Jika salah maka iklan tersebut memberikan informasi yang mengelabui.
  4. Klaim Subjektif: Informasi yang subjektif, sukar diukur secara objektif dan sulit dibuktikan kebenarannya. Misalnya susu akan meningkatkan kecerdasan dan keceriaan. Dua klain tersebut sulit diukur kebenarannya.

Anda diminta terlebih dahulu menonton sebuah iklan susu dan diminta memberikan penilaian berdasarkan konsep 4 jenis informasi yang mengelabui tersebut. Jika anda mampu memberikan penilaian terhadap pesan atau klaim iklan susu tersebut, maka perusahaan menganggap anda telah memahami konsep iklan yang mengelabui dan diharapkan anda dapat menghindari pembuatan iklan yang memberikan informasi yang mengelabui. Silahkan click nama anda untuk menonton sebuah iklan, setiap mahasiswa akan menonton iklan yang berbeda. (lihat Tabel nama di bawah, click nama anda masing-masing)

Setelah menonton video motivasi dan video iklan susu, maka bahaslah iklan tersebut. Anda diminta mengevaluasi iklan dengan menggunakan

a. Konsep klaim yang mengelabui dari Ujang Sumarwan, 2011 dan

b. PERATURAN KEPALA BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 2016 TENTANG PEDOMAN TEKNIS PENGAWASAN PERIKLANAN PANGAN OLAHAN Lampiran 2, isi dari lampiran dua dapat dilihat di bawah ini setelah Tabel nama mahasiswa

Tuliskan point atau pokok pikiran dari video motivasi tersebut (tuliskan sekitar 10 pokok pikiran),  Jelaskan konsep motivasi apa yang terkandung dalam iklan yang anda tonton tersebut. Jelaskan pula  informasi pesan atau klaim yang mengelabui berdasarkan perspektif informasi yang mengelabui dari buku Sumarwan, 2011 jelaskan pula apakah ada pelanggaran terhadap peraturan Badan POM tersebut, bagian atau ayat mana yang dilanggar dan jelaskan pula konsep motivasi yang digunakan dalam iklan susu tersebut.

Tuliskan jawaban anda dalam file word kemudian beri nama file tersebut dengan nama anda dan nrp anda misalnya johan rinaldi H2412100050.docx. kemudian file tersebut di upload disini dengan mengclick

Upload Jawaban Esay UTT MP Studi Kasus Video Motivasi dan Iklan Susu E61-E63-E60-E62-EK23

Batas Akhir Minggu  02 April  2017Pk 23.50

(masukan user id dan password lms anda)

E60

NO NAMA Username Link Iklan di Youtube Produk/Merek
1 Anna Muslikhah Jamil k15161001 https://www.youtube.com/watch?v=M40E_ptM7eA Iklan Susu Bear Brand edisi 2015 (Nestle)
2 Annisia Nifkiayu k15161002 https://www.youtube.com/watch?v=U8t2OmcRoI0 SUSU BERUANG Anda Sering Minum !? Lihat Ada Apa dengan Susu ini !?
3 Ari Surya Rusdiono k15161003 https://www.youtube.com/watch?v=DPLH0jgUyTc Iklan Susu Bear Brand 2017
4 Ariane Oktaviani Putri k15161004 https://www.youtube.com/watch?v=pxIriyG7ZIM Iklan Lucu Susu Sapi Kemasan Beruang Iklan Naga BEAR-BRAND
5 Asep Nendi Rohaendi k15161005 https://www.youtube.com/watch?v=H02hvnpBjV0 15 Manfaat Susu Beruang / Bear Brand
6 Awal Susmanto k15161006 https://www.youtube.com/watch?v=7GNBjYjEm7U Iklan Ultra Milk Ultra Passion edisi Diajak Ke Peternakan
7 Bambang Gunadi Amintarto k15161007 https://www.youtube.com/watch?v=qFodS_IWCUs Iklan Nutrilon Royal – Mendaki dan Catur
8 Bambang Samudra Harimurti k15161008 https://www.youtube.com/watch?v=a_ZUc-dHEHE Nutrilon Royal 4
9 Budi Hanta k15161009 https://www.youtube.com/watch?v=IJ3aX3GbEaM Iklan Susu Vidoran Xmart edisi Main Layangan 30s
10 Citra Fidyani k15161010 https://www.youtube.com/watch?v=0j7uweJqTPQ Iklan Susu Boneeto 3 Paket Wisata Ke Disneyland USA
11 Desi Kristiani Simbolon k15161011 https://www.youtube.com/watch?v=WO0ApTUzUQQ Chilkid & Chil School-Sharing.mp4
12 Dimass Harimurti Candra Negara k15161012 https://www.youtube.com/watch?v=rIwbuyDx-OM Iklan Susu Botol Indomilk SCI edisi Main Skateboard 30s (2009)
13 Dorothea Radityas Moelyosusanto k15161013 https://www.youtube.com/watch?v=ON_0NlD7Id4 Iklan Morinaga Chil School Untuk Generasi Platinum
14 Dwi Budi Rohyati k15161014 https://www.youtube.com/watch?v=08Oei9aIWDQ Iklan Ultrajaya Susu Ultra Sari Kacang Ijo
15 Dwi Bulan Maulidina k15161015 https://www.youtube.com/watch?v=mIz3aTwmGVk Iklan Zee Kid Zee & Tween Zee
16 Endras Pribadi k15161016 https://www.youtube.com/watch?v=CbCVZnXT9P8 IKLAN SUSU ZEE JAN 2017
17 Ginanjar Fahmi Pratama k15161017 https://www.youtube.com/watch?v=CSw_q03zNH8 Iklan Susu Zee edisi Hujan
18 Haryadi Krisnandar k15161018 https://www.youtube.com/watch?v=4RjXlKDAwgA Iklan Susu Zee – Clay Griblle dan Andryan Bima
19 Insan Putra k15161019 https://www.youtube.com/watch?v=krB4KMXbB_A Iklan SUsu Zee
20 Ismu Sutopo k15161020 https://www.youtube.com/watch?v=c9mmDz7zPjk Iklan Susu Kental Manis Cap Enaak Kemasan Baru 15s
21 Jenny Emile P. Marpaung k15161021 https://www.youtube.com/watch?v=KpZpi9R3R9E Sustagen: Susu berkhasiat untuk kanak-kanak membesar.
22 Johanes Komarudin k15161022 https://www.youtube.com/watch?v=BQjpi122dyc Recipe for your little one with Sustagen: Toad in a Hole
23 Kandianawati k15161023 https://www.youtube.com/watch?v=ro0Wvn2-4zQ Iklan Susu Enfagrow A+ edisi Terbaru 2015
24 Lani Pujiastuti k15161024 https://www.youtube.com/watch?v=_hGUbxSXyYs Iklan Enfagrow A+
25 Mahruddin Harahap k15161025 https://www.youtube.com/watch?v=Ci0OzMrxbb8 Iklan Susu Kental Manis Indomilk – Enaknya Bikin Nempel 30s
26 Mochammad Dennissyah k15161026 https://www.youtube.com/watch?v=vsUmZ6cXbZI Iklan – Anmum Essential 1234 Untuk Anak_30s
27 Mufrad Azmadahadid k15161027 https://www.youtube.com/watch?v=lM7q904YIbM Iklan L-MEN – Ketumpahan Kopi (2017)
28 Muhammad Lutfil Chakim k15161028 https://www.youtube.com/watch?v=MtcFwTvCRGk Iklan Susu Anak S 26 Procal Gold
29 Nugrah Dwi Saptaji k15161029 https://www.youtube.com/watch?v=0dKa6PGzZVI Iklan Susu Jahe Sidomuncul [with Uya Kuya dan Keluarga]
30 Nurliya Apriyana k15161030 https://www.youtube.com/watch?v=BT_PpYtsO4o Iklan Procal S26 – JADIKAN PINTARNYA BERSINAR
31 Raihan Bahrul Ilmi k15161031 https://www.youtube.com/watch?v=CXJXbJer418 Iklan Minute Maid Nutriboost – Paduan Serasi Susu dan Sari Buah 15s (2017)
32 Rizavia Mardhika Putri k15161032 https://www.youtube.com/watch?v=_ZBMBQ3QAGo Similac Gain Plus Advance 125 years 15 sec 1
33 Ryandi Simanjuntak k15161033 https://www.youtube.com/watch?v=0iVa-Fk-vGE Iklan Susu Frisian Flag 2017
34 Saka Haditya Murpraptomo k15161034 https://www.youtube.com/watch?v=7s5s9UeTqJA Iklan Susu Indomilk – Kontes Resep Kondang Keluarga Nempel 30s (2017)
35 Sena Yoga Samudra k15161035 https://www.youtube.com/watch?v=o8FhGlw8huA Iklan Susu Milo 15s (2017)
36 Supriyadi k15161036 https://www.youtube.com/watch?v=HsK5Es-eVO8 Iklan SGM Nutriday Gerakan 7 Hari Minum Susu
37 Supriyatno k15161037 https://www.youtube.com/watch?v=FhUsKBJWZAE Iklan Susu HiLo School versi “My Kid My Hero”
38 Titis Wicaksono k15161038 https://www.youtube.com/watch?v=GKPjhpfpih0 Iklan Susu Milo – Anak Baru 15s (2017)
39 Tri Wahyudi k15161039 https://www.youtube.com/watch?v=nzu4tA-VcSI Iklan Susu Kental Manis Cap Enaak – Arisan 15s (2016)
40 Umi Gita Nugraheni k15161040 https://www.youtube.com/watch?v=BuZBUTdMr6E Iklan Ultra Milk Share to Care Moore – VR 360 (2017)
41 Vivin Ayu Oktaviani k15161041 https://www.youtube.com/watch?v=PMexXbv7uzU Iklan Susu Appeton Weight Gain 15s
42 Yessy Marga Safitri k15161042 https://www.youtube.com/watch?v=TwXymPkqc3s Iklan Anlene Edisi Mama Main Drum
43 Yudhistirangga k15161043 https://www.youtube.com/watch?v=u7moIkv97SE Iklan Susu Chil-go – Wherever You Go Chilgo 15s (2015)

E62

NO NAMA Username Link Iklan di Youtube Produk/Merek
1 Achmad Khaerul Anam K25161074 https://www.youtube.com/watch?v=1VeHn-5TRrY Iklan Cimory FULL (2016) :Menangin Sapi_ Lucu Sekali [1080P]
2 Afra Ghaliyahati K25161075 https://www.youtube.com/watch?v=hsB2LBtgN1o Iklan Dancow Batita & Dancow Datita – Anak Main & Hewan
3 Agung Fajariawan K25161076 https://www.youtube.com/watch?v=bYcaLi83yNQ Iklan Dancow Datita
4 Alfa Nursyamiza Nusifera K25161077 https://www.youtube.com/watch?v=Ks-FvHA9b8k Cimory – Cow Bird
5 Alhori K25161078 https://www.youtube.com/watch?v=GaqKLxdiHWE Iklan Frisian Flag Coconut Delight – Pertama Di Indonesia
6 Arif Andika K25161079 https://www.youtube.com/watch?v=l80sIX7Mmjc Iklan Frisian Flag – Keluarga (2017)
7 Arum Nurhandayani K25161080 https://www.youtube.com/watch?v=YKsEIZ0wtFk Iklan Susu Bendera Frisian Flag Rasa Coconut Delight
8 Arzizal Ardhi Imanu K25161081 https://www.youtube.com/watch?v=6xPfjMpjtmo Iklan Frisian Flag edisi Kenapa Nenek Suka Frisian Flag
9 Bagus Randhyartha Gumilar K25161082 https://www.youtube.com/watch?v=g-Qq6GHov9U Iklan Frisian Flag edisi Buka Puasa Ramadhan 2015
10 Bambang Adityo K25161083 https://www.youtube.com/watch?v=OPpH-zOwonw Iklan Frisian Flag Gold – Buatan
11 Diar Erstantyo K25161084 https://www.youtube.com/watch?v=M1KZ536ct7E Susu Kental Manis Frisian Flag Maestro Mom
12 Didik Prianto K25161085 https://www.youtube.com/watch?v=CjkilONc3C4 Frisian Flag Mama – Kejutan Kecil Yang Dapat Membahagiakan Ibu Hamil
13 Evie Octarina K25161086 https://www.youtube.com/watch?v=sYtBGDgq_dc Sarapan Sempurna Susu Kental Manis Frisian Flag – Pulang
14 Farhan Abdul Hadi K25161087 https://www.youtube.com/watch?v=Y8-WFiu0YmI Frisian Flag Mama – Apapun Profesinya, #KitaSemuaMama
15 Fika Enri Aprigiyonies K25161088 https://www.youtube.com/watch?v=iIGXGEpelnU Frisian Flag Mama – Ciptakan Momen Spesial Untuk Menyenangkan Ibu Hamil
16 Haris Budiman K25161089 https://www.youtube.com/watch?v=tMk6_gMa5dE Iklan Susu Cap Enaak – Yang Enak Tambah Enaak
17 Hendro Tjahjono K25161090 https://www.youtube.com/watch?v=c9mmDz7zPjk Iklan Susu Kental Manis Cap Enaak Kemasan Baru 15s
18 Ika Setyawati K25161091 https://www.youtube.com/watch?v=AiI-XJZf5kM Iklan Milo Protomalt 2015
19 Intan Ika Putri Heryani K25161092 https://www.youtube.com/watch?v=8Ug7u9iqhXA Iklan Milo
20 Ivana Siregar K25161093 https://www.youtube.com/watch?v=ansH_FWsTBU MILO Indonesia – Victory
21 M. Sofyan Fauzi K25161094 https://www.youtube.com/watch?v=NUiNItfmLjM Iklan Ultra Milk Ultra Passion edisi Diajak Ke Peternakan
22 Marietta Krisnaya Nandika Putri K25161095 https://www.youtube.com/watch?v=nd2KixR32cU Iklan Ultra Milk – Keluarga
23 Mikhael Wisnu Setiawan K25161096 https://www.youtube.com/watch?v=9jebN0SBHSk Milk everyday
24 Muhamad Iqbal K25161097 https://www.youtube.com/watch?v=HImyJKJzIC0 Iklan Indomilk kental manis 2016
25 Mulyana Surya K25161098 https://www.youtube.com/watch?v=16GXxlNk_4c Fresh morning “susu segar indomilk 2016”
26 Novia Yuni Artha Nainggolan K25161099 https://www.youtube.com/watch?v=HImyJKJzIC0 Iklan indomilk kental manis 2016
27 Nudiya Khairunnisa K25161100 https://www.youtube.com/watch?v=S2BTGZ4WGa4 Iklan SGM Eksplor Edisi Kedua dengan Presinutri+ Berdua Jadi Hebat
28 Nurani Pertiwi K25161101 https://www.youtube.com/watch?v=OHuSFDby3r8 Iklan SGM eksplor 5+
29 Prori Vitaliano Latief K25161102 https://www.youtube.com/watch?v=T4MB1lXpRyg Bebelac 4 sing-a-long
30 Ramadhoni Tiar Saputra K25161103 https://www.youtube.com/watch?v=ycUIYF1vi9Q Iklan Frisian Flag Karya 4-5 Tahun Momen WOW Periode 2 (Qeela)
31 Ramya Inggita Manikottama K25161104 https://www.youtube.com/watch?v=ytlJbBpasPM Iklan Frisian Flag Kid & School
32 Rosalia Kusumowati K25161105 https://www.youtube.com/watch?v=PVl3cIJ4Y7M Iklan Susu Bendera Frisian Flag Edisi Karakter Superhero
33 Taufik Triadi K25161106 https://www.youtube.com/watch?v=uLDS_DPmgSY Iklan Friso GOLD – EXPERIENCE more together
34 Tendy Arya Pranata K25161107 https://www.youtube.com/watch?v=tkKU6AwxQD4 Baru! Friso Gold dengan teknologi LocNutri™
35 Tommy Andika K25161108 https://www.youtube.com/watch?v=mTTZilz7aOY Nestle Indonesia – DANCOW – Iklan TV DANCOW 3+
36 Try Supanji Akbar K25161109 https://www.youtube.com/watch?v=ymR6zkC9B7I Nestle Indonesia – DANCOW EXCELNUTRI+ – Cinta Ayah Bunda Mendukung Tumbuh Kembang si Kecil
37 Umari Hasan K25161110 https://www.youtube.com/watch?v=P7k1vt2O9eU Nestlé Indonesia – Video DANCOW Fortigro | “Tips Bersosialisasi” #SiapSekolah
38 Yudhi Kristiawan K25161111 https://www.youtube.com/watch?v=ST9tYzVIZFo Nestlé Indonesia – Video DANCOW Fortigro | “Ayo Bangun Indonesia!” #SiapSekolah
39 Yulia Caesariani Wulandari K25161112 https://www.youtube.com/watch?v=f0Vy4kuIGzs Nestlé Indonesia – Video DANCOW Fortigro | “Aku Aja!” #SiapSekolah
40 Zikri K25161113 https://www.youtube.com/watch?v=oa2qu3R5mcE Iklan Chil Go Susu Cair Pertumbuhan Siap Minum 30s

E61

No Nama Lengkap NIM Angkatan Nama Produk Merek
1 Adi Mulyadi k15161044 E61 SGM Eksplor Presinutri+ – Lengkapi Nutrisinya dan #JadikanDuniaSahabatnya SGM
2 Adinda Citra Kusuma k15161045 E61 Iklan Susu SGM 3 versi Pohon Strawberry (2008) SGM
3 Ahmad Saomin Ali k15161046 E61 Iklan susu SGM eksplor (Julianti sebagai Ibu Guru) SGM
4 Ali Akil Parlindungan Siregar k15161047 E61 Iklan Susu SGM Eksplor 2015 Berdua Lebih Hebat Fix Version SGM
5 Bayu Widiarno k15161048 E61 aluna paling senang nonton iklan apalagi iklan Susu SGM hihi SGM
6 Daniel Herianto Simbolon k15161049 E61 Iklan Susu SGM Eksplor Soya dengan Presinutri+ SGM
7 Dony Ariya Iskandar k15161050 E61 Iklan SGM Eksplor Edisi Kedua dengan Presinutri+ Berdua Jadi Hebat SGM
8 Dwi Intan Widyastuti k15161051 E61 Iklan SGM Eksplor Presinutri+ – Masuk Sekolah (2017) SGM
9 Endang Gunawan k15161052 E61 Iklan Bebelac 3 – Kucing Hilang Bebelac
10 Evy Riyanti k15161053 E61 Saatnya Ikutan Bebehero Hi5! Bebelac
11 Ghaniy Ridha Prima k15161054 E61 Iklan Susu Bebelac 3 [45S] @ (2016) Bebelac
12 Herpri Darmansyah k15161055 E61 Bebelac 3 – medley You’re My Everything Bebelac
13 Hilal Firmansyah k15161056 E61 Iklan Bebelac (You’re My Everything) – YouTube.flv Bebelac
14 Imam Wahyudi Sukoco k15161057 E61 Iklan Bebelac 3 – Hi5 Bebelac
15 Indra Sugiarto k15161058 E61 Iklan Bebelac 3 2012 Bebelac
16 Johan Firmansyah k15161059 E61 Afiqah – IKLAN Bebelac Bebelac
17 Mohammad Harris Pratama k15161060 E61 Iklan Bebelac 3 – Kucing Hilang Bebelac
18 Mochammad Ridwan Aditya k15161061 E61 Iklan Susu Anak S 26 Procal Gold Procal Gold
19 Mohammad Baedowy k15161062 E61 Iklan Susu Procal Gold versi Berjuta Akal Pintar Setiap Hari Procal Gold
20 Muhamad Hafiz Abdillah k15161063 E61 Iklan S-26 Procal Gold [HD] Procal Gold
21 Puryani k15161064 E61 IKLAN S26 PROCAL GOLD WYETH TTV 2016 Procal Gold
22 Rian Priyatno k15161065 E61 Iklan Procal S26 – JADIKAN PINTARNYA BERSINAR Procal Gold
23 Rizky Surya Ananda k15161066 E61 Iklan S-26 Procal Gold Procal Gold
24 Rulli Hendriani k15161067 E61 Iklan Procal Gold S-26 – Renang (2) Procal Gold
25 Ruth Johana Angelina k15161068 E61 Iklan Procal Gold S-26 – Teka-Teki Procal Gold
26 Sintya Rosdwianty k15161069 E61 Susu Bendera Coklat Bendera
27 Siti Komariah k15161070 E61 Iklan Frisian Flag – Keluarga (2017) Bendera
28 Syuhairi k15161071 Iklan Frisian Flag Susu Bendera Jelajah edisi Sembunyi Kaya Bunglon Bendera
29 Tribella Kembaren k15161072 E61 Iklan Frisian Flag Susu Bendera (Versi Marshanda) (Sekitar 1999) Bendera
1 Adithia Anggraeni k15161114 E63 Iklan Susu Bendera / Frisian Flag Coklat – Tetes Terakhir (2002 & Remake 2006) Bendera
2 Asy Syifa Vivekananda k15161115 E63 Iklan Susu Bendera Frisian Flag Edisi Karakter Superhero Bendera
3 Bintang Mukhammad Burhanudin Akbar k15161118 E63 Iklan Susu Bendera (1994) @ RCTI Bendera
4 Budi Rahardjo k15161119 E63 Iklan Susu Bendera Frisian Flag dengan Desain Bukaan Baru Bendera
5 Chiquita Maharani k15161120 E63 Iklan Dancow Terbaru 2015 dengan FortiGro Dancow
6 Dedy Guswandi k15161121 E63 Iklan Dancow 1+ dengan Excelnutri+ edisi Ngasih Makan Domba Dancow
7 Dwi Widodo Primantoro k15161122 E63 Iklan Dancow Fortigro – Lalu Lintas Dancow
8 Farhan Fauzan k15161123 E63 Iklan Dancow 1+ 2015 edisi Jadi Koboi Dancow
9 Glynae Widyawati k15161124 E63 Nestle Indonesia – DANCOW EXCELNUTRI+ – I’m Proud! #DANCOWLindungi Dancow
10 Henri Simanjuntak k15161125 E63 Nestlé Indonesia – Tips Siap Sekolah – Video DANCOW FortiGro Excelnutri+ Dancow
11 Iik Yani Hidayati k15161126 E63 Nestlé Indonesia – Beda Masa, Cinta Ibu Selalu Sama – #KarenaBunda – Video DANCOW FortiGro Dancow
12 Ilham Arie Hermanda k15161127 E63 Nestlé Indonesia – Jingle #SiapSekolah – Video DANCOW FortiGro Dancow
13 Indri E63 Iklan Susu Zee – Clay Griblle dan Andryan Bima Zee
14 Irpan Effendi k15161128 E63 Iklan Susu Zee – Tumbuh Tinggi Banyak Solu Zee Zee
15 Kasaya Annisa Rahmaniah k15161129 E63 Iklan Susu Zee edisi Hujan Zee
16 Maulita Lutfiani k15161130 E63 [Fradhyt] Iklan TVC Susu Zee “Loncat Pagar” Zee
17 Mia E63 Iklan Susu Zee Berhadiah Mainan Superhero DC Comics Justice League 15s Zee
18 Mokhamad Fadhil Adnanhasan k15161131 E63 IKLAN SUSU ZEE JAN 2017 Zee
19 Muhammad Adam Soetirto k15161132 E63 Iklan Susu Zee “Brandon’s Mom Testimony” 30″ Zee
20 Muhammad Fachril Husain Jeddawi k15161133 E63 Iklan Susu Zee – Tumbuh Tinggi Banyak Solu Zee 30sec Zee
21 Nia Sarastika Trinugroho k15161134 E63 [Fradhyt] Iklan Promo Event Susu ZEE “Anak PrestaZee Indonesia” Zee
22 Novie Nostalgia Adiwinata k15161135 E63 Iklan Enfagrow A+ Enfagrow
23 Nugraha Bagoes Soegesty k15161136 E63 Iklan Susu Enfagrow A+ edisi Terbaru 2015 Enfagrow
24 Pamian Siregar k15161137 E63 Enfagrow A+ with 360 MiND Plus (Bahasa Malaysia) Enfagrow
25 Rara E63 Iklan Enfagrow A Enfagrow
26 Salix Fini Maris k15161138 E63 Enfagrow A+ Gentle Care – Solusi Perut Peka Si Kecil Enfagrow
27 Sandi Octa Susila k15161139 E63 Iklan Enfagrow A+1 Enfagrow
28 Sujianto k15161140 E63 Susu Enfagrow Enfagrow
29 Yelli Yulian k15161141 E63 Enfagrow A+ – Ayo Bantu Optimalkan Cerdasnya Enfagrow
30 Yusuf Iskandar k15161142 E63 Iklan – Enfagrow 02_30s Enfagrow

Bacalah lampiran berikut:

LAMPIRAN II PERATURAN KEPALA BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN REPUBLIK INDONESIA

NOMOR 2 TAHUN 2016 TENTANG PEDOMAN TEKNIS PENGAWASAN PERIKLANAN PANGAN OLAHAN

INFORMASI IKLAN

A. PERSYARATAN UMUM

  1. Informasi yang harus diperhatikan dalam Iklana.

a. Iklan harus jujur, benar dan bertanggungjawab.

b. Cara penyajian iklan harus memperhatikan kepantasan dan sesuai dengan norma kesopanan dan budaya yang berlaku di masyarakat.

c. Nama dagang yang telah memiliki sertifikat merek apabila digunakan sebagai pesan dan/atau klaim dalam iklan wajib disertai bukti ilmiah yang disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan

d. Iklan wajib menyatakan atau mencantumkan tulisan “Baca label sebelum membeli”.

  1. Informasi yang tidak boleh dicantumkan dalam Iklan

a. Iklan dilarang memuat kata, pernyataan, gambar yang bermakna hiperbola yang berpeluang untuk ditiru dan membahayakan. Iklan boleh memuat ekspresi dan/atau visualisasi hiperbola yang berada di luar jangkauan akal manusia selama masih memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan dan pesan yang disampaikan tidak menyesatkan.

b. Iklan dilarang memuat kata atau kalimat sebagai berikut:

1) Kata-kata superlatif seperti “paling”, “nomor satu”, ”top”, atau kata-kata berawalan “ter“, dan atau yang bermakna sama, kecuali jika disertai dengan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan

2) ”Satu-satunya”, ”hanya”, ”cuma”, atau yang bemakna sama tidak boleh digunakan, kecuali jika secara khas disertai dengan penjelasan yang dapat dipertanggungjawabkan, dalam hal apa produk tersebut menjadi satu-satunya

3) “Jauh lebih…” atau “Lebih …” atau yang semakna, kecuali apabila diperbandingkan dengan produknya sendiri.

-15-

4) “Sehat”, “Cerdas”, “Pintar” jika terkait dengan sebab dan akibat dari mengkonsumsi pangan yang diiklankan.

5) “Aman”, “tidak berbahaya”, ”tidak mengandung risiko” atau “tidak ada efek samping” atau yang semakna, tanpa keterangan yang lengkap.

c. Pangan olahan dilarang diiklankan seolah-olah sebagai obat.

d. Iklan dilarang menggunakan dan/atau menampilkan secara tidak layak pahlawan, monumen dan lambang-lambang kenegaraan maupun tokoh-tokoh dan monumen yang telah merupakan milik umum.

e. Iklan dilarang menggunakan kata-kata:

1) Penemuan baru

2) Ajaib/keajaiban alami

3) Keramat

4) Keajaiban dunia

5) Agar lebih aktif

6) Agar lebih berprestasi

7) Modern

8) Canggih

f. Iklan dilarang menyalahgunakan istilah-istilah ilmiah, statistik dan grafik apabila bertujuan untuk menyesatkan khalayak, atau menciptakan kesan yang berlebihan dan tak bermakna, serta tidak sesuai dengan kaidah kaidah penelitian

g. Iklan dilarang menyebutkan teknologi pengolahan kecuali teknologi tersebut termasuk dalam kelompok jenis pangan, seperti susu UHT, susu pasteurisasi, dan/atau susu evaporasi, karena proses UHT, pasteurisasi, dan/atau evaporasi merupakan proses yang termasuk dalam kelompok jenis pangan.

h. Iklan dilarang mengaitkan atau menghubungkan dengan suatu event/ peristiwa/ kegiatan, dimana karena mengkonsumsi pangan tersebut seseorang meraih prestasi, atau berhasil keluar sebagai pemenang dalam kegiatan tersebut.

i. Iklan dilarang mengambil kesempatan/keuntungan terhadap kesalahan orang lain untuk kepentingan periklanan pangan.

j. Iklan dilarang mencantumkan bahwa pangan dapat menyehatkan dan dapat memulihkan kesehatan.

-16-

k. Iklan dilarang memuat keterangan atau pernyataan bahwa pangan tersebut adalah sumber energi yang unggul dan segera memberikan kekuatan.

l. Iklan tidak boleh dihubungkan dengan hal-hal yang menyangkut kesehatan dan pemulihan tenaga, kecuali pangan dengan klaim penurunan risiko penyakit.

m. Iklan dilarang melecehkan, mendiskreditkan atau merendahkan baik secara langsung maupun tidak langsung pangan lain.

n. Dilarang menampilkan dalam bentuk apapun hal-hal yang dianggap dapat mengganggu atau merusak jasmani dan rohani anak-anak.

o. Penggunaan pendekatan fantasi atau imajinasi tidak boleh dibuat sedemikian rupa, sehingga mendorong anak untuk mempercayainya sebagai suatu kebenaran.

3. Hal-hal yang tidak boleh digunakan/dicantumkan dalam Iklan

a. Pemeran

1) Iklan tidak boleh diperankan oleh tenaga kesehatan, tokoh agama, atau pejabat publik atau berperan sebagai tenaga kesehatan atau pejabat publik.

2) Iklan dilarang semata-mata menampilkan anak-anak berusia di bawah 5 (lima) tahun dalam bentuk apapun, kecuali apabila pangan tersebut diperuntukkan bagi anak-anak yang berusia di bawah 5 (lima) tahun.

b. Setting / Gambar

1) Iklan dilarang menampilkan gambar laboratorium, nama, logo atau identitas lembaga, termasuk lembaga yang melakukan analisis dan/atau mengeluarkan sertifikat terhadap pangan.

2) Iklan tidak boleh menampilkan adegan, gambar, tanda, tulisan, kata-kata, suara, dan lainnya yang memberi kesan tidak sopan.

c. Materi Edukasi

Untuk materi edukasi baik dalam bentuk advertorial ataupun bentuk lainnya agar dipisahkan dari iklan pangan olahan sehingga tidak bias antara iklan pangan olahan dengan materi informasi umum atau iklan layanan masyarakat.

-17-

B. PERSYARATAN KHUSUS

  1. Iklan Pangan yang Berkaitan dengan Gizi dan Kesehatan

a. Pernyataan dan atau gambar bahan pangan yang dapat diiklankan harus sesuai dengan klaim dan label yang disetujui

b. Iklan dilarang menyatakan seolah-olah pangan berlabel gizi mempunyai kelebihan dari pangan yang tidak berlabel gizi.

c. Iklan dilarang memuat pernyataan kandungan zat gizi pada pangan apabila kandungan zat gizi tersebut tidak seluruhnya berasal dari pangan tersebut, tetapi sebagian diberikan oleh pangan lain yang dapat dikonsumsi bersama-sama.

2. Iklan Pangan Olahan Tertentu

a. Iklan pangan yang mencantumkan Klaim Penurunan Risiko Penyakit harus dievaluasi terlebih dahulu sebelum diiklankan.

b. Pangan yang mencantumkan Klaim Penurunan Risiko Penyakit sebagaimana dimaksud pada huruf (a) ditentukan berdasarkan risk based evaluation.

c. Pangan untuk bayi yang boleh diiklankan hanya makanan pendamping ASI (MP-ASI).

d. Iklan MP-ASI wajib memuat keterangan peruntukannya. Keterangan peruntukan harus jelas dinyatakan bahwa produk tersebut ditujukan untuk bayi berusia 6 bulan ke atas atau berdasarkan indikasi medik, sampai anak berusia 24 bulan.

e. Iklan tentang formula bayi, formula lanjutan, dan pangan untuk keperluan medis khusus dilarang dimuat dalam media massa, kecuali dalam media cetak khusus tentang kesehatan, setelah mendapat persetujuan Menteri Kesehatan. Iklan formula bayi dan formula lanjutan wajib memuat keterangan bahwa pangan yang bersangkutan bukan pengganti ASI.

f. Iklan MP-ASI dilarang menampilkan gambar bayi di bawah usia 6 bulan.

g. Formula pertumbuhan yang memakai nama dagang yang sama dengan nama dagang formula bayi dan formula lanjutan dilarang diiklankan.

h. Iklan pangan dengan klaim penurunan risiko penyakit wajib menyatakan keterangan tentang peruntukan, anjuran konsumsi dan peringatan perhatian yang perlu diketahui

-18-

i. Iklan pangan untuk anak-anak wajib memenuhi ketentuan sebagai

berikut:

1) Dilarang mengambil manfaat atas kemudah-percayaan, kekurangan pengalaman atau kepolosan hati anak-anak

2) Iklan tidak diperkenankan mengesankan bahwa manfaat dari suatu produk dapat memengaruhi perubahan status, popularitas, kepandaian, keberhasilan dalam kegiatan olah-raga, perubahan fisik, dan hal-hal sejenis lainnya.

3) Iklan tidak boleh menganjurkan atau membenarkan, atau mendorong timbulnya perilaku yang tidak benar; seperti:

  • Menentang atau mengabaikan nasihat atau anjuran orangtua atau orang yang dituakan.
  • Menampilkan adegan berbahaya atau kekerasan, sekalipun dikemas dalam bentuk permainan anak.
  • Menggunakan bahasa atau percakapan yang tidak pantas diucapkan oleh anak.
  • Menampilkan adegan yang mengeksploitasi daya rengek (pester power) anak, dengan tujuan memaksa para orangtua untuk mengabulkan permintaan anak mereka akan produk terkait.
  • Menganjurkan pola makan atau diet yang tidak sehat.
  1. Iklan Bahan Tambahan Pangan

a. Iklan bebas bahan tambahan pangan atau yang semakna harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

b. Iklan sediaan pemanis buatan dilarang menggunakan tulisan, katakata, gambar seolah-olah pemanis buatan berasal dari alam.

  1. Iklan yang Berkaitan dengan Proses dan Asal serta Sifat Bahan Pangan

a. Kata-kata, kalimat, pernyataan, gambar tentang asal serta sifat bahan pangan untuk disampaikan dalam iklan hanya boleh digunakan apabila tidak menyesatkan, dan/atau menimbulkan penafsiran yang salah.

b. Penggunaan klaim “bebas kolesterol” atau “non kolesterol” pada iklan hanya diperbolehkan apabila pangan tersebut mengandung bahan yang secara kajian ilmiah lazim mengandung kolesterol.

c. Pernyataan “alami” hanya dapat digunakan untuk bahan mentah, yang tidak dicampur dan tidak diproses atau produk yang diproses secara fisika tetapi tidak mengubah sifat kimia dan kandungannya.

-19-

d. Pernyataan “murni” atau pernyataan “100%” hanya dapat digunakan untuk produk pangan yang tidak ditambahkan/dicampur dengan bahan lain.

e. Pernyataan “dibuat dari” hanya dapat digunakan bila produk yang bersangkutan seluruhnya terdiri dari satu bahan.

f. Pernyataan “dibuat dengan … ” atau “berisi … ” dapat digunakan bila produk terdiri dari beberapa bahan.

g. Pernyataan “segar” hanya dapat digunakan apabila pangan tidak diproses, berasal dari suatu bahan dan menggambarkan pangan yang belum mengalami penurunan mutu secara keseluruhan.

h. Pangan yang dibuat atau berasal dari bahan alamiah tertentu hanya dapat diiklankan sebagai pangan yang berasal dari bahan baku alamiah tersebut apabila pangan tersebut mengandung bahan alamiah yang bersangkutan tidak kurang dari persyaratan minimal yang ditetapkan dalam Standar Nasional Indonesia atau ketentuan lain yang berlaku.

i. Iklan tidak boleh menyebutkan kata-kata “higienis”, “sanitasi”, dan hal lain semakna yang sudah merupakan keharusan dalam proses produksi pangan.

5. Iklan Minuman Beralkohol

a) Setiap orang dilarang mengiklankan minuman beralkohol dalam media massa apapun.

b) Tidak mempengaruhi atau merangsang khalayak untuk mulai meminum minuman beralkohol.

c) Tidak menyarankan bahwa tidak meminum minuman beralkohol adalah hal yang tidak wajar.

d) Tidak menggambarkan penggunaan minuman beralkohol dalam kegiatan-kegiatan yang dapat membahayakan keselamatan.

e) Tidak menampilkan ataupun ditujukan terhadap anak di bawah usia 21 tahun, dan/atau wanita hamil.

  1. Iklan Pangan yang Menyertakan Undian, Sayembara dan Hadiah

a. Iklan pangan boleh menyertakan undian, sayembara atau hadiah langsung

b. Pencantuman pernyataan “syarat dan ketentuan berlaku” dalam iklan harus diikuti dengan keterangan yang menjelaskan di mana dan bagaimana memenuhi persyaratan dan ketentuan tersebut.

c. Pernyataan “syarat dan ketentuan berlaku” harus mudah terbaca.

-20-

d. Mencantumkan tanggal penarikan dan cara pengumuman pemenangnya.

e. Dilarang mensyaratkan “selama persediaan masih ada“ atau ungkapan lain yang sejenisnya.

  1. Iklan Pangan Halal

a. Kata halal pada sesuatu produk hanya dapat disiarkan sesudah produk tersebut memperoleh sertifikat halal resmi dari lembaga yang berwenang.

b. Kata ”halal” tidak boleh dieksploitasi. Eksploitasi kata halal adalah penggunaan label halal atau kata halal sebagai pesan utama yang dikampanyekan dengan tujuan untuk merayu, membujuk atau mempengaruhi proses pembelian. Kata halal hanya boleh dicantumkan sebagai informasi atau fakta.

KEPALA BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN

REPUBLIK INDONESIA,

ttd.

ROY A. SPARRINGA