PEMASARAN STRATEGIK – UJANG SUMARWAN

pemasaran_strategik_baru

Pemasaran Strategik DMB14

 

1.USA Marketing Practices vs Marketing Thought, the History of Marketing Concepts and Principles

a. Marketing practice  vs  the Marketing thought:  What are the differences

2. USA  Strategic Perspectives and and Business Strategy

a.Strategic Perspectives and and Business Strategy

3.AWS Marketing and Management Strategy Dialogue

4.AWS Value Creation Strategy   BAB 2

5.AWS Service Dominant Logic and Co-Creation Strategy   BAB 2

6.USA Relationship Marketing

7.USA The Resource-Advantage Theory of Competition Agus Masrianto dan Annuridya

8.USA The Resource-Based View and Marketing Istriningsih  dan Joko Rurianto

9.AWS Consumunity, Brand Community and Relationship Management   BAB 20

10.USA Marketing Plans and Performance Roslina dan Setyo Ferry Wibowo  Bab 29 dan Bab 31

  1. AM Customer Lifetime Value
  2. AM Brand Equity and Perceived Quality
  3. AM Green Consumer and Green Marketing as Marketing Strategy

14.AM Marketing Ethics and Consumer Social Responsibility as Marketing Strategy

Pengarang : UJANG SUMARWAN
Sinopsis/Deskripsi :
PEMASARAN STRATEGIK
Bab 1:
Produk Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Hal-hal perlu diperhatikan terkait dengan produk antara lain: Aspek produk: Bertujuan pada maanfat, visualisasi produk , menambah nilai produk Klasifikasi produk: bisa dilakukan dengan Aspinwall Classification System Diferensiasi produk: dapat dilakukan dengan product lining ataupun product bundling Product positioning: adalah cara yang dilakukan oleh pemasar untuk membangun citra atau identitas di benak konsumen untuk produk, merek atau lembaga tertentu. Konsep brand (merek): Brand Experience, Brand Image, Brand Recognition, Brand Franchise, Family Branding, Individual Branding Strategi branding dan manajemen merek: identitas merek, brand encoding Pengembangan nama merek: nama fungsional/ deskriptif, nama buatan, nama berdasar pengalaman, nama yang membangkitkan; aset merek, liabilitas merek, ekuitas merek Strategi merek dan product line
Bab 2:
Harga Harga adalah jumlah uang yang ditetapkan untuk suatu produk/jasa . Harga merupakan satu-satunya dari elemen bauran pemasaran (produk, harga, distribusi, dan promosi) yang menghasilkan pendapatan, dia dapat mempengaruhi persepsi pelanggan. Ragam harga meliputi: harga premium, harga produk kompetitor tertentu, harga rata-rata yang dibayar, rata-rata harga yang dikenakan, dan rata-rata harga terpajang Perusahaan menghendaki harga optimal, yaitu harga yang paling banyak memberikan keuntungan. Pada fungsi permintaan linear, harga optimal berada di tengah antara maximum reservation price dan variable cost dari produk yang terkait. Reservation Price merupakan nilai yang diberikan pelanggan terhadap suatu produk, enggambarkan willingness to pay pelanggan, sedangkan Percent Good Value merupakan proporsi di mana seorang pelanggan percaya bahwa produk itu “bernilai” pada harga tertentu. Dalam menetapkan harga optimal, penting untuk mengetahui terlebih dahulu Elastisitas Harga produk itu, yaitu ukuran respons pasar terhadap perubahan harga. Strategi Penetapan Harga: Berbasis Pasar: penetapan harga skim, value-in-use pricing, percieved value pricing, segment pricing, strategic account pricing, plus one pricing Berbasis Biaya: floor pricing, penetration pricing, low cost leader pricing, competitive bid pricing, harvest pricing
Bab 3:
Saluran Distribusi Definisi: Arti sempit (David A.Revzan) : Suatu jalur yang dilalui oleh arus barang-barang dari produsen ke perantara dan sampaik kepada pemakai. Arti luas (AMA), suatu struktur unit organisasi dalam perusahaan dan luar perusahaan yang terdiri atas agen, dealer, pedagang besar dan pengecer, dimana sebuah komoditi, produk atau jasa dipasarkan.