Riset Pemasaran dan Konsumen

risset_pemasaran_dan_konsumen

Oleh Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc

    Riset pemasaran memiliki tanggung jawab untuk menilai dan menyediakan informasi apa yang dibutuhkan manajemen untuk pengambilan keputusan. lnformasi tersebut harus tepat, dipercaya dan relevan. lnformasi harus disediakan oleh riset pemasaran karena mahalnya biaya riset dan penaingan yang semakin tinggi serta perlunya pengambilan keputusan yang benar dan tepat agar tercapainya kepuasan konsumen.

    Kepuasan konsumen telah menjadi titik sentral perhatian dalam bisnis dan manajemen sehingga berbagai literatur yang menyangkut bisnis dan manajemen organisasi, baik yang bersifat mencari laba ataupun nirlaba menempatkan kepuasan konsumen sebagai ukuran utama.

    Buku ini terdiri dari dua bagian utama, bagian pertama membahas tentang prosedur melakukan riset pemasaran dan konsumen, bagian kedua membahas berbagai topik riset pemasaran dan konsumen berdasarkan kajian artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah. Buku ini dapat digunakan sebagai salah satu buku teks dalam mata kuliah metode riset pemasaran dan konsumen untuk jenjang program sarjana, magister maupun doctor. Setelah membaca buku ini diharapkan para mahasiswa dapat menulis proposal skripsi, tesis atau disertasi dalam bidang riset pemasaran dan konsumen. Selain itu, juga sangat bermanfaat bagi para peneliti di lembaga pemerintah, swasta, maupun perusahaan riset pemasaran dan konsumen. Penulis menulis berbagai topik dalam riset pemasaran dan konsumen secara lugas dan jelas sehingga dapat dijadikan sebagai ide dasar bagi para mahasiswa maupun praktisi peneliti dalam melakukan riset pemasaran dan konsumen, di samping itu juga dapat dijadikan,sebagai panduan bagaimana melaksanakan riset pemasaran dan konsumen. Di dalamnya dilengkapi dengan contoh proposal riset dari mulai rumusan masalah sampai metode riset.