SCL (Student Centered Learning) for Consumer Behavior

Kelas Rabu Siang 31 Mei 2017

Pertemuan 14. Bab 19. Iklan Yang Menyesatkan Dan Mengelabui Konsumen 423

Kelas Rabu Siang

  1. Dosen Menjelaskan Bab 19 di depan mahasiswa selama 60 menit
  2. Setelah selesai memberikan kuliah, selanjutnya dosen meminta mahasiswa berkumpul dengan kelompok tugas akhirnya. Kemudian perwakilan kelompok diminta menuliskan nama ketua kelompoknya di selembar kertas kosong
  3. Dosen memanggil ketua kelompok sambil membawa kertas yang sudah ditulis nama ketua kelompok. Ketua kelompok atau perwakilan kelompok diminta berbaris rapi menemui dosen didepan sambil memberikan kertas yang berisi nama ketua kelompok
  4. Selanjutnya dosen memberikan nomor kelompok sesuai antrian, setiap ketua kelompok menuliskan nama iklan tv berikut sesuai nomor kelompoknya

Kelompok 1. Iklan Makanan Bayi

Kelompok 2. Iklan Susu Kental Manis

Kelompok 3. Iklan Kopi

Kelompok 4. Iklan Teh

Kelompok 5. Iklan Minuman softdrink (minuman karbonasi, misalnya coka cola)

Kelompok 6. Iklan Mi Instan

Kelompok 7. Iklan Bumbu Instan / Bumbu masak (msalnya Royco)

Kelompok 8. Minuman Suplemen (misalnya kratingdeng, M17, extra joss , dll)

Kelompok 9. Iklan Biskuit/wafer/Cookies

Kelompok 10. Iklan Coklat

Kelompok 11. Iklan Snack /keripik (makananr ringan misalnya chicki, dan lain-lain)

Kelompok 12.  Iklan Restoran Siap Saji (fast food restoran)

Kelompok 13. Iklan Minuman Juice

Kelompok 14. Iklan Permen

Kelompok 15. Iklan Sereal

Kelompok 16. Iklan Tepung Terigu

Kelompok 16. Iklan Puding

Kelompok 17. Iklan Sirup

Kelompok 18. Iklan Ice Cream

Kelompok 19. Iklan Saos Sambal

Kelompok 20. Iklan Saos Tomat

Kelompok 21. Iklan Keju

Kelompok 22. Iklan Kacang

Kelompok 23. Iklan Air Mineral

Kelompok 24. Iklan Minyak Goreng

Kelompok 25. Iklan Tepung Terigu, Tepung Beras, Tepung Maizena (segala macam tepung)

Kelompok 26. Iklan Minuman Yogurt

Kelompok 27. Iklan Jelly/puding

Kelompok 28.  Iklan Gula Pasir

Kelompk 29. Iklan Beras

Kelompok 30. Iklan Selai

  1. Ketua Kelompok kembali ke kelompoknya masing masing. Setiap anggota kelompok mendownload sebuah dua buah iklan yang berbeda dari Jenis iklan yang sesuai kelompoknya. Misalnya Kelompok 1 diminta mendownload Iklan Mi instan. Maka setiap anggota kelompok harus mendownoad dua iklan mi instan, dua iklan ini bisa berbentuk
  2. Iklan Mi Instan Merek A
  3. Iklan Mi Instan Merek B

Atau

  1. Iklan Mi Instan Merek A versi 1
  2. Iklan Mi Instan Merek A versi 2

 

Cari dua iklan tersebut di youtube. Setiap mahasiswa anggota kelompok harus mendownload dua iklan yang berbeda dari anggota kelompok lainnya. Simpan iklan tersebut di HP masing-masing. Simpan link youtube kedua iklan tersebut.

  1. Setelah mahasiswa mendownload kedua iklan masing-masing, maka setiap mahasiswa di dalam harus keluar kelas dan mengunjungi toko atau warung, dan mencari seorang konsumen di sektar toko atau warung tersebut atau konsumen yang sedang berbelanja di toko atau warung tersebut. Mahasiswa meminta kesediaan waktu konsumen tersebut untuk diwawancarai untuk menilai dua iklan tadi. Setiap mahasiswa mewawancarai konsumen yang berbeda dari mahasiswa lainnya.
  • Tuliskan nama konsumennya, tuliskan nama warung dan toko, serta foto warung dan toko tersebut
  • Minta kesediaannya untuk di foto
  • Tayangkan video iklan pertama, kemudian minta pendapatnya:
  • Apakah pernah membeli produk yang ditayangkan iklan tersebut
  • Jika pernah membeli, kapan terakhir membelinya?
  • Jika tidak pernah membeli, apakah pernah mengkonsumsinya
  • Jika pernah mengonsumsi, kapan terakhir kali mengonsumsinya
  • Jika tidak pernah mengonsumsinya…jelaskan mengapa.
  • Apakah tertarik membeli produk tersebut
  • Tanya apakah memahami pesan yang disampaikan iklan tersebut
  • Tanya apakah mempercayai iklan tersebut?
  • Tanya apakah pesan ini berisi pernyataan atau klaim

Subjektif

Objektif

Tidak Rasional

Memiliki dua arti

  • Tayangkan video iklan kedua, kemudian minta pendapatnya:
  • Apakah Memahi iklan tersebut
  • Tanya apakah mempercayai iklan tersebut?
  • Tanya apakah pesan ini berisi pernyataan atau klaim

Subjektif

Objektif

Tidak Rasional

Memiliki dua arti

Rekamlah jawaban konsumen tersebut

 

  1. Setelah wawancara selesai kembali ke kelas lagi. Selanjutnya mahasiswa menuliskan laporan singkat tentang wawancara tersebut. Laporan ditulis minimal dalam 500 kata yang berisi

Cantumkan foto konsumen di dalam laporan. Tuliskan nama iklan dan link youtubenya dalam laporan tersebut. Tuliskan nama warung dan toko yang dikunjungi serta cantumkan fotonya di laporan tersebut.

 

  1. Laporan diupload pada Jumat 9 Juni 2017 paling lambat pukul 23.55 di link lms berikut:

Upload Tugas Kunjungan Toko/Warung atau Wawancara Konsumen di Toko/warung Paling Lambat Jumat 9 Juni 2017 Pk 23.55

Kelas Senin Siang 29 Mei 2017

Pertemuan 11 : Bab 16. Proses Keputusan Konsumen: Pengenalan Kebutuhan, Pencarian Informasi, dan Evaluasi Alternatif 357

  1. Semua mahasiswa diminta menonton video berikut, click link berikut Proses Keputusan Konsumen

https://www.youtube.com/watch?v=WoQTnNrsyZ0

Gunakan HP masing-masing untuk menonton video berikut:

  1. Setelah menonton video Pengambilan Keputusan tersebut, maka buatlah 10 buah pertanyaan yang terkait dengan konsep yang dibahas dalam tayangan video tersebut. Tulislah ke 10 pertanyaan tersebut yang nanti akan anda tanyakan kepada seorang konsumen.
  2. Setelah membuat 10 buah pertanyaan berdasarkan video tersebut maka selanjutnya setiap mahasiswa diminta membaca

Bab 16. Proses Keputusan Konsumen: Pengenalan Kebutuhan, Pencarian Informasi, dan Evaluasi Alternatif 357

  1. Setelah membaca Bab 16 tersebut, maka setiap mahasiswa diminta membuat 10 pertanyaan berdasarkan bacaan bab 16 tersebut. Ke 10 pertanyaan tersebut yang nanti akan ditanyakan kepada seorang konsumen.
  2. Berdasarkan video dan buku bab 16 tersebut, maka setiap mahasiswa memiliki 20 pertanyaan.
  3. Selanjutnya Mahasiswa diminta berkunjung ke toko atau warung di sektar kampus dan mencari seorang konsumen yang sedang belanja dan meminta ijin dan waktu konsumen tersebut untuk bersedia diwawancarai selama 10 menit. Mahasiswa harus menggunakan 20 pertanyaan yang ditulisnya untuk digunakan mewawancarai konsumen.
  4. Tuliskan nama konsumen yang diwawancarai dan minta ijin untuk memfoto konsumen tersebut. Apabila konsumen tidak bersedia diwawancarai maka carilah konsumen lain untuk diwawancarai
  5. Tuliskan nama toko atau warung yang dikunjungi. Anda harus memfoto toko atau warung tersebut. Anda boleh mengunjungi warung atau penjual makanan/minuman. Tuliskan nama pemilik warung atau toko tersebut.
  6. Tuliskan hasil wawancara tersebut minimal dalam 500 kata, letakkan foto konsumen dan foto warung tersebut dalam laporan hasil wawancara tersebut dan kemudian diupload di

https://lms.ipb.ac.id/mod/assign/view.php?id=28760
Upload Tugas Kunjungan Toko/Warung atau Wawancara Konsumen di Toko/warung Paling Lambat Jumat 9 Juni 2017 Pk 23.55

Masukkan user id dan password lms anda.

 

 

Tugas di bawah hanya untuk Kelas Rabu Siang

Metode SCL (Student Centered Learning) Kuliah Perilaku Konsumen Pertemuan 12 Kelas Rabu Siang

  1. Mengidentifikasi dan Mendefinisikan Konsep dan Teori di dalam dua bab dari materi yang dibahas dalam sebuah Pertemuan

Membaca dua bab dari buku Perilaku konsumen kemudian Mengidentifikasi Konsep atau teori Penting dalam bab tersebut dan Mendefinisikan konsep-konsep tersebut.

Bagi Mahasiswa yang membawa buku asli Perilaku Konsumen bukan foto copy (Sumarwan, U. 2014. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. 2014. PT Ghalia Indonesia. maka tugasnya adalah

  1. Buat daftar 20 konsep atau teori penting yang ada dalam Bab 17 , selanjutnya buat definisi dari masing-masing 20 konsep tersebut
  2. Buat daftar 20 konsep atau teori penting yang ada dalam Bab 18, selanjutnya buat definisi dari masing-masing 20 konsep tersebut

 

Bagi yang tidak membawa buku Perilaku Konsumen atau yang membawa buku fotocopy, maka silahkan download buku digital berikut:

CONSUMER BEHAVIOUR: A European Perspective Michael Solomon, Gary Bamossy, Søren Askegaard, Margaret K. Hogg

 

Selanjutnya baca

Chapter 8 Individual decision-making 257

Chapter 9 Shopping, buying, evaluating and disposing 299

Dari buku yang didownload tersebut

  1. kemudian tuliskan 20 konsep atau teori penting Dari Chapter 8 tersebut selanjutnya buat definisi dari masing-masing 20 konsep tersebut.
  2. kemudian tuliskan 20 konsep atau teori penting Dari Chapter 9 tersebut selanjutnya buat definisi dari masing-masing 20 konsep tersebut.

Tuliskan Ke 40 konsep/teori dari dua bab tersebut dengan tulisan tangan.

Mahasiswa diminta menuliskan nama, nrp, no hp, dan email di lembar kertas terpisah dari tulisan definisi konsep tersebut

Sekitar 2 jam setelah mahasiswa menuliskan dan mendefinisikan konsep tersebut, dosen berkeliling untuk mengambil kertas nama dan mahasiswa menuliskan jumlah konsep yang selesai dituliskan definisinya di kertas nama tersebut. Dosen memeriksa lembar tugas mahasiswa dan mengambil kertas nama mahasiswa, sedangkan lembar kertas tugas dipegang oleh mahasiswa.

Selanjutnya sekitar enam hari berikutnya mahasiswa harus mengupload tugas definisi konsep tersebut ke link berikut:

Upload Tugas Menuliskan 40 Konsep Penting dari 2 Bab Kelas Rabu Siang