SCL (Student Centered Learning) for Consumer Behavior

Kelas Senin Siang 29 Mei 2017

Pertemuan 11 : Bab 16. Proses Keputusan Konsumen: Pengenalan Kebutuhan, Pencarian Informasi, dan Evaluasi Alternatif 357

  1. Semua mahasiswa diminta menonton video berikut, click link berikut Proses Keputusan Konsumen

https://www.youtube.com/watch?v=WoQTnNrsyZ0

Gunakan HP masing-masing untuk menonton video berikut:

  1. Setelah menonton video Pengambilan Keputusan tersebut, maka buatlah 10 buah pertanyaan yang terkait dengan konsep yang dibahas dalam tayangan video tersebut. Tulislah ke 10 pertanyaan tersebut yang nanti akan anda tanyakan kepada seorang konsumen.
  2. Setelah membuat 10 buah pertanyaan berdasarkan video tersebut maka selanjutnya setiap mahasiswa diminta membaca

Bab 16. Proses Keputusan Konsumen: Pengenalan Kebutuhan, Pencarian Informasi, dan Evaluasi Alternatif 357

  1. Setelah membaca Bab 16 tersebut, maka setiap mahasiswa diminta membuat 10 pertanyaan berdasarkan bacaan bab 16 tersebut. Ke 10 pertanyaan tersebut yang nanti akan ditanyakan kepada seorang konsumen.
  2. Berdasarkan video dan buku bab 16 tersebut, maka setiap mahasiswa memiliki 20 pertanyaan.
  3. Selanjutnya Mahasiswa diminta berkunjung ke toko atau warung di sektar kampus dan mencari seorang konsumen yang sedang belanja dan meminta ijin dan waktu konsumen tersebut untuk bersedia diwawancarai selama 10 menit. Mahasiswa harus menggunakan 20 pertanyaan yang ditulisnya untuk digunakan mewawancarai konsumen.
  4. Tuliskan nama konsumen yang diwawancarai dan minta ijin untuk memfoto konsumen tersebut. Apabila konsumen tidak bersedia diwawancarai maka carilah konsumen lain untuk diwawancarai
  5. Tuliskan nama toko atau warung yang dikunjungi. Anda harus memfoto toko atau warung tersebut. Anda boleh mengunjungi warung atau penjual makanan/minuman. Tuliskan nama pemilik warung atau toko tersebut.
  6. Tuliskan hasil wawancara tersebut minimal dalam 500 kata, letakkan foto konsumen dan foto warung tersebut dalam laporan hasil wawancara tersebut dan kemudian diupload di

https://lms.ipb.ac.id/mod/assign/view.php?id=28760
Upload Tugas Kunjungan Toko/Warung atau Wawancara Konsumen di Toko/warung Paling Lambat Jumat 9 Juni 2017 Pk 23.55

Masukkan user id dan password lms anda.

 

 

Tugas di bawah hanya untuk Kelas Rabu Siang

Metode SCL (Student Centered Learning) Kuliah Perilaku Konsumen Pertemuan 12 Kelas Rabu Siang

  1. Mengidentifikasi dan Mendefinisikan Konsep dan Teori di dalam dua bab dari materi yang dibahas dalam sebuah Pertemuan

Membaca dua bab dari buku Perilaku konsumen kemudian Mengidentifikasi Konsep atau teori Penting dalam bab tersebut dan Mendefinisikan konsep-konsep tersebut.

Bagi Mahasiswa yang membawa buku asli Perilaku Konsumen bukan foto copy (Sumarwan, U. 2014. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. 2014. PT Ghalia Indonesia. maka tugasnya adalah

  1. Buat daftar 20 konsep atau teori penting yang ada dalam Bab 17 , selanjutnya buat definisi dari masing-masing 20 konsep tersebut
  2. Buat daftar 20 konsep atau teori penting yang ada dalam Bab 18, selanjutnya buat definisi dari masing-masing 20 konsep tersebut

 

Bagi yang tidak membawa buku Perilaku Konsumen atau yang membawa buku fotocopy, maka silahkan download buku digital berikut:

CONSUMER BEHAVIOUR: A European Perspective Michael Solomon, Gary Bamossy, Søren Askegaard, Margaret K. Hogg

 

Selanjutnya baca

Chapter 8 Individual decision-making 257

Chapter 9 Shopping, buying, evaluating and disposing 299

Dari buku yang didownload tersebut

  1. kemudian tuliskan 20 konsep atau teori penting Dari Chapter 8 tersebut selanjutnya buat definisi dari masing-masing 20 konsep tersebut.
  2. kemudian tuliskan 20 konsep atau teori penting Dari Chapter 9 tersebut selanjutnya buat definisi dari masing-masing 20 konsep tersebut.

Tuliskan Ke 40 konsep/teori dari dua bab tersebut dengan tulisan tangan.

Mahasiswa diminta menuliskan nama, nrp, no hp, dan email di lembar kertas terpisah dari tulisan definisi konsep tersebut

Sekitar 2 jam setelah mahasiswa menuliskan dan mendefinisikan konsep tersebut, dosen berkeliling untuk mengambil kertas nama dan mahasiswa menuliskan jumlah konsep yang selesai dituliskan definisinya di kertas nama tersebut. Dosen memeriksa lembar tugas mahasiswa dan mengambil kertas nama mahasiswa, sedangkan lembar kertas tugas dipegang oleh mahasiswa.

Selanjutnya sekitar enam hari berikutnya mahasiswa harus mengupload tugas definisi konsep tersebut ke link berikut:

Upload Tugas Menuliskan 40 Konsep Penting dari 2 Bab Kelas Rabu Siang